Rabu, 19 Oktober 2011

PRINSIP PRINSIP LATIHAN DALAM OLAHRAGA PRESTASI

PRINSIP PRINSIP LATIHAN
DALAM OLAHRAGA PRESTASI


Tugas Ini disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah MANAJEMEN PENJAS

















Disusun Oleh :

MUHAMMAD AANG CHUNAIFI

108 381

SEKOLAH TINGGI KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN

STKIP PGRI JOMBANG

PENJASKES / 2010
Dalam olahraga prestasi banyak hal yang harus diperhatikan dan dipahami oleh setiap
pelatih. Hal ini tentunya terkait dengan tugas dan fungsi (peran) seorang pelatih. Kita
mengetahui bahwa fungsi seorang pelatih antara lain : sebagai sahabat / teman atlet,
sebagai peletak dasar disiplin atlet, sebagai idola / figur / panutan, sebagai orang tua,
sebagai siswa yang harus terus belajar, sebagai manajer, sebagai instruktur, sebagai
ilmuwan, sebagai analis, sebagai administrator, sebagai agen promosi, sebagai guru, dan
juga sebagai psikolog. Sehingga pelatih dikenal sebagai orang yang harus senantiasa
berlandaskan pada “ART AND SCIENCE”

Kesuksesan seorang pelatih tergantung pada bagaimana ia memerankannya secara
maksimal. Banyak disiplin ilmu yang harus dipelajari, dikembangkan, dan kemudian
diaplikasikan melalui seni-seni kreasi yang menyebabkan proses latih melatih menjadi lebih
efektif dan efesien.

Pada tulisan ini, menguraikan sedikit tentang bagian penting dalam kegiatan latih melatih
yaitu bagaimana seorang pelatih memahami dan mampu menerapkan Prinsip –prinsip
Latihan dalam pelatihan olahraga prestasi.

Tidak jarang pelatih yang belum mampu menerapkan hal ini. Mungkin, keterbatasan
pehaman atau kesulitan dalam bagaimana penerapannya. Mudah-mudahan tulisan ini
dapat sedikitnya membantu akan pemahaman hal ini terutama bagi pelaku olahraga.

Banyak sistem yang mempengaruhi perencanaan latihan. Bagaimanapun seorang pelatih
dalam menggunakan program latihan untuk atletnya maka harus berpedoman pada prinsip-
prinsip latihan. Untuk memahami prinsip latihan ini maka kita coba kaji berdasar pada
kajian Ilmu Faal (Fisiologik), Ilmu Jiwa (Psikologik), dan Ilmu Kependidikan (Pedagogik).
Secara struktur prinsip ini tergambar seperti berikut :


THE PRINCIPLES OF TRANING
PHYSIOLOGICAL PSYCHOLOGICAL PEDAGOGICAL
Law of Overload
o Individualization
o Multilateral
Development
Law of Specificity
o Specialization
o Modeling the
training process
Law of Reversibility
o Increasing
Demands
o Continuous Load
Demend
o Feasibility
o Restoration
Active, Conscientious
Participation
Awareness
Variety
Psychological Rest
Planning and Use
System
Periodization
Visual Presentation
- William H. Freeman; 1989 -

HUKUM FISIOLOGIK
Semua sistem latihan dipengaruhi oleh tiga hukum fisiologik, yaitu : hukum OVERLOAD,
hukum KEKHUSUSAN (Specificity), dan hukum REVERSIBILITAS (Reversibility). Prinsip-
prinsip lainnya disebutkan oleh para pelatih sebagai aspek-aspek yang terkandung dalam
tiga prinsip tersebut.

Hukum Overload (Law of Overload)
Hukum ini adalah yang banyak memperbaiki dalam kebugaran seorang atlet, sehingga
membutuhkan suatu peningkatan beban latihan yang akan menantang keadaan kebugaran
atlet.

Bahwa beban latihan berfungsi sebagai suatu stimulus dan mendatangkan suatu respon
dari tubuh atlet. Apabila beban latihan lebih berat daripada beban normal pada tubuh maka
tubuh akan mengalami kelelahan sehingga tingkat kebugaran akan menjadi lebih rendah
dari tingkat kebugaran normal. Hal ini akan membutuhkan masa pemulihan yang lebih
lama. Artinya, pembebanan akan menyebabkan kelelahan, dan ketika pembebanan
berakhir, maka pemulihan berlangsung. Jika pembebanan optimal (tidak terlalu ringan dan
juga tidak terlalu berat) maka setelah pemilihan penuh tingkat kebugaran akan meningkat
lebih tinggi daripada tingkat sebelumnya.


Beban Latihan
Pemulihan
Efek Latihan / Overkompensasi
Kelelahan /
Adaptasi






Efek latihan (overcompensation) pada tubuh adalah semua yang terjadi dalam latihan.
Bagaimanapuun, jika pembebanan latihan terlalu ringan, efek latihan setelah pemulihan
akan menjadi kurang dari yang diharapkan. Jika pembebanan latihan terlalu besar / berat
maka kondisi akan kembali seperti semula.













------ : latihan terlalu berat ; : latihan yang adekuat;
: latihan terlalu ringan
Dari pembebanan yang terjadi seperti gambar di atas maka jika latihan terlalu ringan tingkat
kelelahannya rendah / sedikit, waktu pemulihannya singkat, dan efek latihannya (stimulus
baru) sedikit dan terlalu awal. Apabila latihan terlalu berat maka tingkat kelelahan tinggi /
banyak membutuhkan pemulihan yang lama, sehingga efek latihannya rendah dan stimulus
baru menjadi terlambat.
Beban Latihan
Kelelahan /
Adaptasi
Pemulihan
Efek Latihan / Overkompensasi
Contoh :
1. Seorang atlet melakukan latihan beban dengan tujuan latihan Kekuatan Maksimal.
Hasil parameter angkatan Squat-nya 200 kg untuk 2 repetisi. Yang ia lakukan
kemudian adalah melakukan angkatan seberat 80 kg dengan jumlah pengulangan
yang sedikit (mis. 4 rep), maka latihannya dikatakan sebagai latihan yang terlalu
ringan untuk latihan kekuatan maksimal atau dikatakan latihan yang terlalu berat
apabila ia harus melakukan angkatan seberat 180 kg dengan jumlah repetisi
sebanyak 5 kali.

2. Hasil tes 200 meter waktunya 22 detik.
Untuk latihan Daya tahan Kecepatan ia diminta lari dengan kecepatan per 200-nya
38 detik sebanyak 6 repetisi. Maka latihan tersebut dikatakan latihan yang terlalu
ringan untuk tujuan latihan tersbut. Dan, apabila ia diminta untuk menyelesaikan
latihan per 200 m-nya dengan kecepatan lari 23 detik sebanyak 6 pengulangan,
maka latihannya terlalu berat.

Prinsip Individualisasi
Reaksi masing-masing atlet terhadap suatu rangsangan latihan terjadi dengan cara yang
berbeda. Perbedaan tersebut karena usia dan jenis kelamin. Perencanaan latihan dibuat
berdasarkan perbedaan individu atas kemampuan (abilities), kebutuhan (needs), dan
potensi (potential). Tidak ada program latihan yang dapat disalin secara utuh dari satu
individu untuk individu yang lain. Program latihan yang efektif hanya cocok untuk individu
yang telah direncanakan.
Pelatih harus mempertimbangkan faktor usia kronologis dan usia biologis (kematangan
fisik) atlet, pengalaman dalam olahraga, tingkat keterampilan (sklill), kapasitas usaha dan
prestasi, status kesehatan, kapasitas beban latihan (training load) dan pemulihan, tipe
antropometrik dan system syaraf, dan perbedaan seksual (terutama saat pubertas). Prinsip Pengembangan Multilateral
Pengembangan menyeluruh ini berkaitan dengan keterampilan gerak secara umum
(general motor ability) dan pengembangan kebugaran sebagai tujuan utama yang terjadi
pada bagian awal dari perencanaan latihan tahunan.
Prinsip ini harus menjadi focus utama dalam melatih anak-anak dan atlet junior. Hal ini
adalah merupakan langkah pertama dari rangkaian pendekatan untuk latihan olahraga
(prestasi).

Hukum Kekhususan (Law of Specificity)
Hukum kekhususan adalah bahwa beban latihan yang alami menentukan efek latihan.
Latihan harus secara khusus untuk efek yang diinginkan. Metode latihan yang diterapkan
harus sesuai dengan kebutuhan latihan. Beban latihan menjadi spesifik ketika itu memiliki
rasio latihan (beban terhadap latihan) dan struktur pembebanan (intensitas terhadap beban
latihan) yang tepat.
Intensitas latihan adalah kualitas atau kesulitan beban latihan. Mengukur intensitas
tergantung pada atribut khusus yang dikembangkan atau diteskan. Kecepatan berlari
diukur dalam meter per detik (m/dtk) atau langkah per detik (m/sec). kekuatan diukur dalam
pound, kilogram, atau ton. Lompat dan lempar diukur oleh tinggi, jarak, atau jumlah usaha.
Intensitas usaha berdasarkan pada persentase usaha terbaik seseorang, seperti tergambar
pada table berikut (menurut Freeman) :

KERJAKEKUATAN DENYUT
NADI*
Maksimal95 - 10090 - 100190 +100
Sub Maksimal85 - 9580 - 90180 - 19090
Tinggi75 - 85 16575
Sedang65 - 7570 - 8015060
Ringan50 - 6550 - 70
Rendah30 - 5030 - 5013050
INTENSITAS
PERSENTASE ENDURANCE
VO2 Max.

*berdasarkan pada persentase denyut nadi maksimal atlet, tergantung individu.

Volume latihan yaitu jumlah seluruh latihan (dalam istilah) waktu, jarak, akumulasi berat dan
sebagainya ketika durasi beban adalah porsi beban yang disediakan untuk satu unit atau
tipe latihan. Contoh : Seorang pelari menyelesaikan program latihannya untuk untuk satu
unit selama 60 menit, maka volume latihannya adalah 60 menit. Atau ia berlari sejauh 10
km, maka volume latihannya adalah 10 km. Seorang lifter mampu berlatih dalam satu unit
latihan dengan Squat 150 kg x 5 rep x 3 set ; Bench Press 50 kg x 8 rep x 3 set ; Heel Raise
100 kg x 6 rep x 3 set ; dan Pull Down 60 kg x 5 rep x 3 set. Maka volume latihannya
adalah Squat = 2250 kg ; Bench Press = 1200 kg ; Heel Raise = 1800 kg ; Pull Down = 900
kg. Menjadi 2250 + 1200 + 1800 + 900 = 6150 kg (6.15 ton).

Prinsip Spesialisasi
Prinsip ini melatih kapasitas dan teknik yang dibutuhkan untuk aktivitas khusus atau nomor
khusus. Contoh, dalam atletik seorang pelempar membutuhkan latihan kekuatan khusus
dan juga teknik khusus pada masiing-masing nomor lempar. Seorang perenang
membutuhkan kecepatan dan daya tahan kecepatan serta daya tahan kekuatan sesuai
dengan nomornya, begitu pula teknik yang dibutuhkannya.
Semuanya itu harus dilakukan secara khusus setelah melewati fase latihan yang
menyeluruh (multilateral). Prinsip Model Proses Latihan
Model ini dimanfaatkan untuk mengembangkan pola-pola latihan yang erat dengan
kaitannya dengan kebutuhan kompetisi. Pola yang paling sulit membutuhkan waktu yang
cukup lama (tahunan) agar menjadi sempurna. Hal ini tentunya harus diawali dengan
kemampuan pelatih dalam menganalisa setiap kompetisi. Contoh dalam olahraga
permainan, bagaimana pola-pola permainan itu harus berjalan sesuai dengan kebutuhan
setiap kompetisi (saat menghadapi lawan berat atau lawan yang lebih ringan), bagaimana
pola pertahanan dan penyerangan yang baik dan harmonis..

Hukum Reversibilitas (Law of Reversibility)
Hukum ini adalah bahwa tingkat kebugaran akan menurun jika pembebanan latihan tidak
dilanjutkan (continued). Ada istilah bahwa “if you don’t use it, you lose it“.

Prinsip Meningkatkan Tuntutan
Dalam pembebanan latihan, tuntutan ini adalah bahwa beban latihan harus berkelanjutan
jika kebugaran umum dan khusus atlet terus ditingkatkan, beban latihan harus ditingkatkan
secara regular (progressive overload).
Rasio latihan adalah kritis. Seorang pelatih harus menentukan berapa lama pemulihan
dibutuhkan dalam suatu sesi dan antar sesi.

Beban Latihan
SIKLUS MIKRO
Kebugaran


Prinsip Melanjutkan Tuntutan Beban
Prinsip ini mengungkapkan bahwa atlet jangan terlalu lama berhenti berlatih. ketika
pemuncakan sedang berlangsung dan beban latihan dikurangi maka hasilnya akan
menurunkan kondisi. Oleh karena itu, hati-hati pada fase ‘tapering’ dan ‘tapering off’.
Kapan dan bagaimana fase itu harus berlangsung?

Prinsip Kemungkinan dapat terjadi dengan mudah (Feasibility)
Prinsip ini menyatakan bahwa beban latihan yang telah direncanakan haruslah realistic.
Tujuan latihan tidak boleh mengakibatkan rusaknya atau hancurnya prestasi atlet yang
disebabkan oleh tujuan yang tidak realistic. Hal ini bukan saja merusak secara fisik, akan
tetapi juga akan berakibat pada kondisi psikologik. Tujuan latihan haruslah sesuai dengan
kemampuan seseorang (atlet) yang tentunya berdasar pada hasil tes parameter yang
direncanakan dan dilaksanakan secara periodik sesuai kebutuhan setiap tahapan sehingga
prestasi menjadi berkembang, tidak mengecilkan hati atau gagal.

Istirahat (Restoration)
Restorasi adalah pemulihan dari suatu beban latihan yang tinggi. Masa istirahat (interval)
sama pentingnya dengan latihan. Latihan yang berat atau latihan dengan intensitas yang tinggi maka harus diikuti dengan proses pemulihan yang cukup lama, jika latihan dilakukan
dengan intensitas yang rendah maka pemulihan berlangsung cukup singkat.
Setiap atlet akan memiliki kemampuan pemulihan yang berbeda. Pemulihan sangat
tergantung pada kemampuan fitness seseorang. Semakin tinggi kemampuan fitness
(terutama) kemampuan daya tahan jantung dan otot, maka ia akan memiliki kemampuan
pemulihan yang relatif lebih singkat/pendek (cepat pulih).

Komponen Latihan Masa Istirahat dalam
Unit Latihan
Keterangan
Kelenturan Singkat Berlangsung kurang dari 2'
Kecepatan Gerak (SAQ)Singkat - Sedang
Bervariasi untuk setiap pengulangannya,
karena harus melakukan dalam keadaan
'fresh'
Kekuatan Maksimal Cukup Lama Berlangsung antara 3' - 5' per set
Kekuatan Yang Cepat Sedang - lama Berlangsung antara 2' - 3' per set
Daya Tahan KekuatanSingkat - Sedang Berlangsung antara 1' - 2' per set
Daya Tahan Aerob Singkat
Tergantung metode lathan yang
digunakan, DNL 120 - 150
Daya Tahan Anaerob
(Anaerobe Threshold)
Cukup Lama
Tergantung metode lathan yang
digunakan, DNL 170 <

Istirahat Aktif (Active Rest)
Istirahat aktif adalah bentuk istirahat (juga digunakan dalam fase transisi) yang berupa
aktifitas fisik secara ringan, seperti jogging atau aktifvitas olahraga yang lain selain
spesialisasi kecabangannya. Hal ini akan membantu pemulihan dan menjaga / memelihara
kebugaran fisik atlet.

HUKUM PSIKOLOGIK
Prinsip Aktif, Partisipasi Sungguh-sungguh (Active, Conscientious Participation)
Prinsip ini mengandung makna bahwa untuk menghasilkan prestasi yang maksimal atlet
harus terlibat secara aktif dalam proses latihan yang telah dipilihnya.
Prinsip ini sering luput dari perhatian atlet dan juga pelatih. Atlet berpartisipasi secara pasif,
hanya mengikuti saja apa yang diperintahkan atau menunggu pemberian motivasi dari
pelatih tanpa didasari atas kesungguhan untuk melakukan latihan bahwa latihan adalah
suatu kebutuhan.
Latihan adalah suatu bentuk kerja sama antara atlet dan pelatih yang mengandung resiko.
Atlet harus memahami tujuan latihan dan rencana yang telah dsusun oleh pelatih. Idealnya,
atlet harus membantu dalam merencanakan program latihan (menentukan tujuan latihan
dan target prestasi).
Tidak ada pelatih yang selalu mengetahui bagaimana reaksi tubuh dan pikiran atlet
terhadap rangsangan latihan yang diterimanya. Atlet harus memberikan kualitas umpan
balik dan bekerja sama dengan pelatih untuk mencapai efek latihan yang optimal.

Prinsip Kesadaran (Awareness)
Prinsip ini menunjuk pada kebutuhan bahwa pelatih menjelaskan pada atlet apa yang
terlibat dalam program latihan, apa yang menjadi tujuan latihan, dan bagaimana
mencapainya. Dalam hal ni juga atlet harus menyadari akan posisinya sebagai orang yang
juga harus berpartisipasi aktif dalam perencanaan dan evaluasi latihan.

Prinsip Variasi (Variety)
Kompleksnya latihan dan tingginya tingkat pembebanan dalam latihan untuk sukses
membutuhkan variasi bentuk latihan dan metode latihan agar tidak terjadi kejenuhan /
kebosanan (boredom) atau basi (staleness). Faktor kebosanan ini akan menjadi kritis
apabila kurang bervariasi seperti pada gerakan (hanya) lari saja yang secara teknik tidak
begitu kompleks (terbatas) dan membutuhkan faktor fisiologik.

Prinsip Istirahat Psikologik (Psychological Rest)
Saat kelelahan terjadi seorang atlet akan mengalami ketegangan mental atau ketegangan
psikologis (psychological strain), bukan hanya kelelahan fisik saja. Oleh karena itu, selain
harus meningkatkan kemampuan fisik menjadi istimewa, harus pula mampu mengalihkan
situasi yang akan mengakibatkan munculnya tekanan-tekanan (stress) seperti pada
kompetisi atau latihan. Bagian ini penting untuk membantu proses istirahat psikologis.

HUKUM PEDAGOGIK
Prinsip-prinsip yang ada dalam hukum ini akan membantu atlet dan pelatih untuk lebih
memaknai proses pembelajaran / pelatihan melalui pendidikan.
Prinsip Perencanaan dan Pemanfaatan system (Planning and Use of System)
Prinsip ini membutuhkan apa yang disebut dengan disain program latihan yang sistematis
dan efesien, dari program jangka panjang sampai dengan unit latihan yang dibutuhkan oleh
setiap atlet secara individu.
Prinsip ini membutuhkan ketelitian, kehati-hatian, dan mempertemukan semua kebutuhan
latihan secara efektif.
Melalui prinsip ini, atlet dan pelatih mengalami proses pembelajaran yang selalu sistematis
dan terencana.

Prinsip Periodisasi (Periodization)
Prinsip periodisasi adalah mengembangkan program latihan melalui seri-seri dari setiap
siklus atau tahapan berdasarkan pada standar prestasi setiap cabang olahraga. Prinsip ini
terkait dengan perencanaan program latihan yang akan disusun.
Tahapan latihan yang lazim dimanfaatkan adalah Tahap Persiapan (Persiapan Umum dan
Persiapan Khusus), Tahap Kompetisi (Pra Kompetisi dan Kompetisi Utama), dan Tahap
Transisi.
Prinsip ini mengajak pelatih untuk senantiasa manjalani proses melalui tahapan yang jelas
dan teratur.

Prinsip Presentasi Visual (Visual Presentation)
Prinsip ini mencoba untuk memberikan informasi latihan yang sejelas mungkin kepada
atlet, sewaktu-waktu, audio-visual dapat diimanfaatkan untuk membantu atlet dalam
memahami materi latihan yang telah, sedang, dan atau akan diberikan dalam proses
latihannya.
Proses pembelajaran/pendidikan seperti ini penting bagi atlet untuk bias lebih memahami
apa yang seharusnya dilakukan dan yang cukup penting adalah bagaimana seorang atlet
mampu mengoreksi sendiri (self correction) apa yang menjadi hal penting dalam
meningkatkan prestasinya.



Prinsip-prinsip latihan yang dikaji berdasarkan tiga disiplin ilmu itu penting sekali bagi
pegangan para pelatih untuk lebih memahami tuntutan dan kebutuhan latihan agar menjadi
lebih efektif dan efesien.

Referensi :
William H. Freeman. Peak When It Count. Los Altos : Tafnews Press. 1989.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar