Jumat, 16 Desember 2011

TEKNIK SENAM LANTAI DAN MODIFIKASI

Tugas Ini disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah SENAM

















Disusun Oleh :

MUHAMMAD AANG CHUNAIFI

108 381

SEKOLAH TINGGI KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN

STKIP PGRI JOMBANG

PENJASKES / 2010

PEMBAHASAN

PEMANASAN

Pemanasan ini dilakukan agar otot-otot bisa menjadi lemas atau lentur dan agar para mahasiswa/mahasiswi dalam melakukan kegiatan senam ini tidak mengalami cidera sedikitpun.Pemanasan ini di bagi menjadi 3 macam yaitu: Pemanasan aktif, Pemanasan calestenic dan Pemanasan Pasif

A.1. PEMANASAN AKTIF

pemanasan ini dilakukan dengan hitungan (2 x 8), pemanasan ini antara lain:

1) Kedua tangan diletakkan di belakang kepala kemudian ditekan ke arah bawah

2) Kedua tangan diletakkan di bawah dagu kemudian ditekan ke arah atas

3) Tangan kanan diletakkan di dagu kemudian didorong/ditolehkan ke arah kanan

4) Tangan kiri diletakkan di dagu kemudian didorong/ditolehkan ke arah kiri

5) Tangan kanan diletakkan di atas telinga kiri lalu tarik kepala ke arah kanan

6) Tangan kiri diletakkan di atas telinga kanan lalu tarik kepala ke arah kiri

7) Tangan kanan lurus ke samping kiri lalu tangan kiri menyangga dan tangan kiri kemudian menekan siku tangan kanan ke arah dalam

8) Tangan kiri lurus ke samping kanan lalu tangan kanan menyangga dan tangan kanan kemudian menekan siku tangan kiri ke arah dalam

9) Tangan kanan ditekuk ke belakang kepala kemudian tangan kiri menekan bagian siku tangan kanan ke arah bawah

10) Tangan kiri ditekuk ke belakang kepala kemudian tangan kanan menekan bagian siku tangan kiri ke arah bawah

11) Kedua tangan dikaitkan lurus ke atas dan kedua kaki jinjit

12) Kedua tangan dikaitkan lurus ke samping kanan kemudian badan dimiringkan ke samping kanan

13) Kedua tangan dikaitkan lurus ke samping kiri kemudian badan dimiringkan ke samping kiri

14) Badan dibungkukkan ke bawah lalu kedua tangan dikaitkan lurus ke depan

15) Badan dibungkukkan ke bawah lalu kedua tangan dikaitkan lurus ke bawah

16) Badan dibungkukkan ke bawah lalu kedua tangan dikaitkan lurus ke atas

17) Kedua kaki di buka lebar lalu badan di miringkan ke kanan kemudian ke kiri

18) Kaki kanan ditekuk ke depan kemudian kedua tangan memeganginya dan menekannya ke arah dalam sampai paha menempel dada

19) Kaki kiri ditekuk ke depan kemudian kedua tangan memeganginya dan menekannya ke arah dalam sampai paha menempel dada

20) Kaki kanan ditekuk ke arah depan perut dan kedua tangan memeganginya

21) Kaki kiri ditekuk ke arah depan perut dan kedua tangan memeganginya

22) Kaki kanan ditekuk ke arah belakang

23) Kaki kiri ditekuk ke arah belakang

24) Kaki kanan di depan dan kaki kiri berada di belakang kemudian berat badan ditumpuhkan ke kaki kanan

25) Kaki kiri di depan dan kaki kanan berada di belakang kemudian berat badan ditumpuhkan ke kaki kiri

26) Badan dibungkukkan dengan kaki kanan lurus ke depan dan kaki kiri agak ditekuk kemudian tangan kanan menarik ujung kaki kanan

A.2. PEMANASAN CALASTENIC

Pemanasan ini dilakukan dengan hitungan 2 x 8, Pemanasan ini antara lain:

1) Kedua tangan diletakkan di pinggang kemudian kepala ditundukkan ke atas(2x)dan ke bawah(2x)

2) Kedua tangan diletakkan di pinggang kemudian kepala ditolehkan ke kanan(2x)dan ke kiri(2x)

3) Kedua tangan diletakkan di pinggang kemudian kepala dipatahkan ke kanan(2x)dan ke kiri(2x)

4) Kedua tangan ditekuk di depan dada kemudian tarik pendek(2x)dan panjang(2x)

5) Tangan kanan lurus ke atas dan tangan kiri lurus ke bawah(2x)lalu kemudian tangan kiri lurus ke atas dan tangan kanan lurus ke bawah(2x)

6) Tangan membentuk huruf S di belakang kepala, tangan kanan(2x)dan tangan kiri(2x)

7) Kedua tangan lurus ke atas(2x)lalu badan dibungkukkan ke bawah dan kedua tangan lurus ke bawah(2x)

8) Kedua tangan ditekuk di depan dada lalu putar badan ke arah kanan(2x)dan kiri(2x)

9) Kaki kanan diletakkan di depan dan agak sedikit ditekuk lalu kaki kiri berada di belakang kemudian berat badan ditumpuhkan ke kaki kanan(2x)lalu putar badan kemudian kaki kiri berada di depan dan kaki kanan berada di belakang lalu berat badan ditumpuhkan ke kaki kiri(2x)

10) Kedua kaki dibuka lebar lalu goyangkan ke kanan(2x)dan kiri(2x)

A.3. PERMAINAN

    1. Mencari pasangan

Permainan ini dilakukan dengan beberapa peraturan antara lain yaitu :

1) Membentuk sebuah lingkaran

2) Mencari pasangannya masing-masing sesuai dengan instruksi yang telah ditentukan oleh instruktur

3) Bila tidak mendapatkan pasangannya masing-masing maka harus bersedia mendapatkan hukuman yang telah ditentuin

Cara melakukan :

a) Berjalan melingkar dengan 1orang berada ditengah-tengahnya sebagai instrukturnya

b) Melakukan perintah sesuai dengan perintah instruktur

    1. Tikus dan kucing

Permainan ini dilakukan dengan beberapa peraturan antara lain yaitu:

1) Para peserta saling berpegangan dengan membentuk lingkaran

2) peserta ada yang menjadi tikus dan 1 peserta lagi ada yang menjadi kucingnya

3) Peserta yang menjadi kucing dan peserta yang menjadi tikus tidak boleh meloncati lingkaran dan mereka juga harus melewati bawah tangan para peserta yang berpegangan

Cara melakukan :

a) Membentuk sebuah lingkaran dengan 1 orang berada di luar lingkaran yang menjadi kucing dan 1 orang berada di dalam lingkaran sebagai tikus yang selalu dikejar-kejar kucing

b) Bila si tikus berada di dalam lingkaran maka kucing akan dihalang-halangi oleh para peserta yang membentuk sebuah lingkaran tadi

c) Lalu si kucing tersebut berusaha menangkap tikus dengan berusaha melewati lingkaran yang melindungi tikus tersebut

d) Bila sudah tertangkap maka si tikus bergantian menjadi kucing dan sebaliknya

    1. Jala ikan

Permainan ini dilakukan oleh dua kelompok yaitu kelompok yang menangkap yang sebagai jalanya dan yang ditangkap sebagai ikannya

Cara melakukan :

a) Kelompok yang sebagai jala maka akan membentuk barisan sejajar atau melengkung dengan bepegangan tangan untuk menjala

b)Setelah itu maka kelompok jaring tersebut bersiap menagkap ikan dengan menyusuri tempat yang banyak terdapat kelompok yang menjadi ikannya

c)Bila ada yang tertangkap maka ikan tadi harus bergabung dengan si penjala

    1. Burung gagak dan anak ayam(ular naga)

Permainan ini dilakukan dengan beberapa peraturan antara lain: tidak boleh melepaskan pegangan dari teman yang berada di depannya dan seterusnya.

Cara melakukan :

a)Beberapa orang membentuk barisan memanjang kebelakang dengan berpegangan dengan teman didepannya masing masing

b)1 orang penyerang berusaha untuk mendapatkan ekor si ular/anak ayam tersebut

c)Kepala ular atau induk ayam harus berusaha melindungi ekornya/anaknya agar penyerang/si burung gagak tadi sulit mendapatkan ekor ular/anak ayam tersebut

d)Bila ekor naga/anak ayam tersebut tertangkap maka si ekor/anak ayam tersebut berbalik menjadi si penyerang/burung gagak dan yang menjadi penyerang/burung gagak tadi berganti menjadi induk ayam yang sebagai pelindung anak ayam, dan begitu seterusnya

    1. Bintang beralih(bintang rotasi)

Permainan ini ada beberapa peraturan, antara lain:

Pada saat berpindah dari barisan yang satu dengan yang lainnya maka harus benar-benar dalam posisi harus lurus dengan berisan yang berada dibelakangnya masing-masing

Cara melakukan :

a) Mahasisiwa/Mahasiswi berdiri melingkari matras yang dibagi menjadi beberapa kelompok, dan setiap kelompok beranggotakan 2-3 orang.Kemudian 1 orang berada ditengah sebagai orang yang mau dikejar dan 1 orang lagi yang berada di ujung menjadi orang yang mengejar.

b) Setelah ada aba-aba mulai maka orang yang dikejar berlari menuju salah satu kelompok, dengan cepat orang yang ada dibelakang barisan tadi ia harus berlari menghindari kejaran si pengejar yang berusaha menangkapnya.

c) Untuk menghindari tangkapan dari si pengejar maka orang yang dikejar tadi harus berhenti pada salah satu regu dan pada waktu orang yang dikejar tadi biar tidak dikejar lagi maka harus berhenti pada salah satu kelompok dimana dia harus berhenti pas berada didepan kelompok tersebut, Kemudian orang yang berada dibelakang barisan kelompok yang dihinggapi oleh orang yang dikejar tadi maka dengan sendiri dengan cepat berlari mencari tempat hinggapan di kelompok yang diinginkan, apabila orang yang ingin ditangkap tadi tertangkap maka dia akan berganti peran menjadi orang yang menangkap

d) Kemudian orang yang menangkap yang berhasil menangkap orang yang ingin di tangkap tadi,kemudian kini dia berperan sebagai orang yang ingin di tangkap dan supaya tidak terkena tangkapan lagi maka harus segera berlari menghindari kejaran orang yang mau menangkapnya.

e) Permainan ini akan berakhir apabila waktu sudah habis dan para mahasiswa/mahasiswi sudah merasa capek dan sudah merasakan menjadi orang yang mengejar dan orang yang dikejar.

f) Permainan bola tangan

Cara melakukan :

a) Permainan ini terdiri dari 2 kelompok dan setiap kelompok terdiri atas 4 s/d 6 orang

b) Setiap kelompok berpencar-pencar untuk mengambil suatu posisi apakah posisi mau menyerang atau kah bertahan

c) Salah satu kelompok dari setiap kedua kelompok tersebut mengambil posisi ditengah-tengah untuk melakukan jump ball

d) Masing – masing anggota kelompok boleh melompat hanya maksimal 3X saja

e) Bila terjadi lebih dari 3X lompatan maka bola akan beralih pada lawan karena merupakan salah satu bentuk pelanggaran

d) Setiap kelompok berusaha untuk mencetak poin dengan menyentuhkan bola pada balok sebagai gawangnya yang di sediakan di ujung tempat masing-masing kelompok

Setelah melakukan semua permainan ini maka semua mahasiswa/mahasiswi melakukan jalan dan joging mengelilingi ruangan untuk peregangan.

g) Hitam hijau

Cara melakukan:

1)peserta terdiri dari 2 kelompok (kelopok hitam dan hijau)

2)tiap kelompok jumlahnya sama, jumlah tiap kelompok 10 orang

3)tiap kelompok harus mendengarkan instruksi dari dosen

4)jika dosen mengatakan hitam, maka kelompok hitam berlari ke tepi dan kelompok hijau harus mengejar kelompok hitam

5)apabila ada anggota kelompok hitam yang tertangkap maka yang tertangkap harus menggendong yang menangkap

B. LATIHAN INTI

B.1. LATIHAN TUBUH

Kayang

Cara melakukan :

Tubuh terlentang dengan tangan diatas kepala, lalu angkat badan ke atas secara perlahan-lahan hingga akhirnya tangan dan kaki menjadi tumpuan, kemudian kembali ke posisi semula.

B.2. KESEIMBANGAN

Merupakan suatu sikap yang dituntut melakukan keseimbangan yang sangat besar, apakah sikap tersebut dilakukan dalam bentuk berdiri / duduk atau jongkok, Antara lain yaitu :

Sikap Pesawat Terbang

Cara melakukan:

1)Sikap awal dengan ke 2 kaki rapat dan ke 2 tangan di rentangkan sejajar dengan bahu

2)Lalu angkat satu kaki ke belakang dengan perlahan, kemudian condongkan badan ke arah depan

3)Lalu kembali ke sikap semula/sikap awal

Seperti huruf – T

Cara melakukan:

1)Sikap awal berdiri tegak

2)Kedua tangan direntangkan kesamping

3)Kemudian tarik salah satu kaki keatas lalu diikuti ke 2 tangan

4)kemudian pada saat kaki sudah lurus kesamping, kepala harus menyentuh salah satu tangan yang posisinya sudah lurus dan tangan yang satunya lagi menempel pada kaki yang sudah lurus tadi.

5)Dan salah satu kaki sebagai tumpuannya, tahan beberapa saat, kemudian kembali seperti sikap awal.

Gendongan

Cara melakukan:

1) Kegiatan ini dilakukan berpasangan

2) Kegiatan ini terdiri dari 5 sampai 6 pasangan

3) kemudian pasangan tersebut saling menabrakkan diri pada pasangan yang lainnya berusaha saling menjatuhkan, dilakukan bergantian dengan pasangan masing masing.

Berdiri dengan satu kaki

Cara melakukan:

1) Kegiatan ini dilakukan berpasangan

2) 1 kaki di angkat oleh pasangan ke depan

3) Kemudian pasangannya tersebut berusaha menjatuhkan pasangannya sendiri-sendiri dan sementara orang yang ditarik pasangannya tersebut berusaha menahan tarikan tersebut

4) Kegiatan ini dilakukan bergantian dengan pasangannya masing-masing

  • Lonceng

Cara melakukan:

1)peserta terdiri dari tiga orang

2)satu orang sebagai lonceng dan dua orang lainnya sebagai penggrak lonceng

3)peserta yang menjadi lonceng didorong ke kanan dan ke kiri oleh peserta yang menjadi penggerak lonceng

  • Sikap Katak

  1. Duduk jongkok dengan menggunakan telapak kaki bagian depan
  2. Tangan diletakkan diantara 2 kaki

  3. Secara perlahan kaki diangkat dengan tumpuan beralih pada kedua telapak tangan

Gambar Sikap Katak

B.3. KETANGKASAN DAN KEKUATAN

Push-Up

Cara melakukan :

1) Badan tengkurap, ke 2 tangan lurus dengan dibuka lebar, ke 2 kaki lurus kebelakang dengan ujung kaki jinjit, dimana tangan dan kaki sebagai tumpuan.

2) Kemudian naikkan badan ke atas, posisi ke 2 tangan lurus lalu ujung kaki jinjit dimana tangan dan kaki sebagai tumpuan.

3) Kemudian turunkan badan hingga menyentuh matras, posisi ke 2 tangan ditekuk, ke 2 kaki tetap bertumpu

4) Kemudian naik lagi hingga ke 2 tangan lurus

5) Dilakukan secara berulang-ulang, dengan hitungan 5x pelan dan 5x cepat.

Push-up berpasangan

Cara melakukan :

1) Kegiatan ini dilakukan secara berpasangan

2) Orang pertama tidur terlentang lalu orang kedua terngkurap di atasnya dengan posisi kepala berada di atas kaki orang pertama

3) Masing-masing orang yang melakukan push-up angkat tersebut sama-sama memegangi mata kaki pasangannya masing-masing

4) Lalu dengan hitungan ketiga, angkat kaki bersamaan seperti posisi push-up

5) Turunkan lalu berguling ke depan dengan posisi orang pertama berada di bawah dan orang kedua berada di atas, kegiatan ini dilakukan beberapa kali

Sit – Up

Cara melakukan ;

1) Kegiatan ini bisa dilakukan secara sendirian maupun berpasangan.

2) Tidur terlentang

3) Ke 2 kaki lurus dan rapat, bisa juga ditekuk dengan dipegang oleh pasangannya, sedangkan ke 2 tangan berada dibelakang kepala. Angkat kepala dan badan keatas sampai mencium lutut atau sebisanya

4) Kegiatan ini dilakukan secara berulang-ulang, dengan hitungan 5x cepat dan 5x pelan.

Sit-up dorong

Cara melakukan :

1)Tidur terlentang

2)Mengangkat kedua kaki ke atas secara bersamaan hingga 90 derajat

3) Lalu pasangannya berada di atas kepalanya untuk mendorong kakinya tersebut, orang yang melakukan sit-up tadi berpegangan pada mata kaki pasangannya yang berada di atas kepalanya

4) Lalu dorong kaki tersebut ke kanan,ke tengah dan ke kiri dengan hitungan 15 kali

5) Kegiatan ini dilakukan bergantian dengan pasangannya

Sit – up ayun seperti perahu

Cara melakukan :

1)Dilakukan secara individu atau perorangan

2)Posisi awal duduk

3)Lalu lutut ditekuk dan merapat dengan tangan berada di samping kaki

4)Ayunkan badan kebelakang lalu tarik ke depan lagi seperti perahu

5)Kegiatan ini dilakukan hingga hitungan 10 kali

Kekuatan melatih kaki

Cara melakukan :

1) Kegiatan ini dilakukan sebanyak 2 orang

2) Orang pertama tidur terlentang dengan mengangkat kedua kaki secara bersamaan

3) Orang yang kedua berdiri di atas kepala orang yang pertama

4) Orang yang ketiga menyandar pada telapak kaki orang pertama sebagai bebannya lalu tekuk kaki hingga lutut menyentuh dada lalu luruskan kembali dan ulangi gerakan tersebut hingga 20 kali.

5) Kegiatan ini dilakukan secara bergantian

Memanggul keliling

Cara melakukannya :

1)Permainan ini dilakukan secara berpasangan

2)Dan setiap pasangan saling memanggul untuk pasangan laki-laki dan menggendong untuk pasangan perempuan

3)Setelah itu berkeliling mengelilingi ruangan dan dilakukan secara bergantian

Jereng-jereng

Cara melakukan :

1)Kegiatan ini dilakukan secara berpasangan

2)Dua orang berhadapan dengan tangan berada di depan yang gunanya saling mendorong antara pasanganya tersebut sehingga salah satunya harus ada yang terjatuh.

Push-up berjalan

1)Dilakukan secara individu

2)Posisi awal seperti push-up

3)Lalu berjalan perlahan-lahan

4)Badan tidak boleh terlalu rendah dan tidak boleh terlalu tinggi

Jongkok lalu Lompat

1)Dilakukan secara individu/sendiri-sendiri

2)Posisi awal jongkok

3)Lalu kemudian hentakan kaki agar mendapat hentakan kedepan

4)Usahakan tubuh melayang dan mendarat dengan dua kaki hingga pada posisi semula

5)Dilakukan bergantian hingga semua mendapat giliran

Gerobak dorong

Cara melakukan :

1)Dilakukan secara berpasangan

2)Satu orang tengkurap seperti posisi push up

3)Lalu satu orang lagi mendorong ke depan dengan memegang kedua kaki orang yang tengkurap

4)Kemudian orang yang tengkurap tadi berjalan dengan kedua tangannya yang saling berirama kanan-kiri-dan seterusnya

4.B .LATIHAN JALAN DAN LARI

Latihan jalan

Cara melakukan :

1) Berbaris kedepan, kemudian dari belakang berjalan ke depan kembali dan dilakukan depanya lagi, begitu seterusnya sampai habis

2) Berbaris kedepan, kemudian dari belakang berjalan zig–zag, ke depan dan kembali ke belakang dilanjutkan depanya lagi

3) Berjalan mengintari ruangan sampai 2 -5 putaran

4) Berjalan melakukan Push Up sebanyak 10 kali, berjalan 1 putaran,push up lagi,berjalan lagi dalam 1 putaran, kegiatan ini dilakukan secara berulang –ulang

5) Berjalan lalu melakukan kater pilar(10 kali)

6) Berjalan 1 putaran, kater pilar lagi 1 putaran dilakukan secara berulang-ulang kali

7) Berjalan salah satu teman membungkuk, kemudian diloncati ,berjalan lagi,loncat lagi, berjalan lagi.Dilakukan berulang-ulang kali

8) Berjalan santai langsung kemudian melakukan scot jump kemudian di kombinasi dengan tepuk, berjalan lagi, dilakukan secara berulang-ulang.

9) Berjalan merangkak kedepan dan kebelakang .

10) Berjalan seperti katak.

11) Kedua kaki dipegang oleh pasangannya, kemudian kita berjalan dengan kedua tangan

12) Berjalan berjongkok

Latihan lari

Cara melakukan :

1)Baris lurus ke depan, dari belakang berlari ke depan kemudian kembali ke belakang, dilanjutkan lagi ke depanya

2)Baris lurus ke depan, dari belakang berlari Zig-zag, menuju ke depan dan kembali ke belakang, dilanjutkan lagi di depanya

3)Posisi badan kesamping, kemudian lari kesamping dimana kedua kaki ditarik secara bersamaan

4)Berlari berputar ruangan dengan mengangkat tumit sampai menyentuh pantat, berlari lagi, kegiatan ini dilakukan secara berulang-ulang kali

5)Berlari sambil mengangkat salah satu kaki kanan 4 kali dan kaki kiri 4 kali sambil melompat secara bergantian dan kegiatan ini dilakukan secara berulang-ulang

6)Berlari sambil mengangkat salah satu kaki misalnya menggunakan kaki kiri ya kiri dan sebaliknya, kegiatan ini dilakukan sambil melompat secara zig-zag

B.5. MELOMPAT DAN MELONCAT

Melompat

1)Posisi membentuk lingkaran dengan posisi sujud, lalu setiap individu harus melompati dan mengelilingi lingkaran tersebut sebanyak 2 kali.

2)Posisi badan membungkuk dengan membentuk lingkaran salah seorang harus melompati dengan kaki lurus kesamping ke kanan dan ke kiri,

laki-laki dan perempuan melakukan kegiatan ini secara sendiri-sendiri, Gerakan ini dilakukan secara bergantian setiap mahasiswa/mahasiswi

3) Posisi garis lurus menghadap ke depan sambil posisi sujud, lalu orang yang paling berada di belakang melakukan lompatan secara zig-zag, serta orang yang paling belakang menggantikannya lari, serta orang yang sampai di depan kemudian langsung kembali melakukan posisi sujud, kegiatan ini dilakukan secara bergantian

Latihan meloncat

Cara melakukan:

1)Semua dalam posisi tengkurap atau sujud, lalu orang yang berada di belakang sendiri meloncati teman yang sedang berposisi tengkurap atau sujud tadi dengan kedua kaki diangkat secara bersamaan

2)Lalu orang yang setelah melakukan loncatan tersebut berposisi tengkurap

3)Kegiatan ini dilakukan secara terus-menurus dan dilakukan secara bergantian

MATERI INTI

  • ROLL DEPAN

Yang dimaksud roll depan iayalah gerakan badan berguling ke arah depan melalui bagian belakang badan (tengkuk), pinggul, pinggang, dan panggul bagian belakang

Cara melakukan :

1) Berdiri tegak dengan tangan di angkat ke atas dan pandangan harus lurus ke depan

2) Perlahan bungkukkan badan lalu kedua tangan lurus ke bawah untuk menyentuh matras

3) Lalu lekuk leher ke atas matras dan berguling

4) Posisi tangan saat bergulir berada disamping kepala

5) Lalu setelah itu kembali sama seperti pada posisi awal yaitu berdiri tegak dengan kedua tangan diangkat lurus ke atas dan pandangan matapun harus lurus ke depan

6) Kegiatan ini dilakukan secara berulang-ulang sampai bisa melakukannya

  • ROLL DEPAN BERPASANGAN

Cara melakukan :

1) Kegiatan ini dilakukan secara berpasangan

2) Orang pertama berdiri dan orang yang kedua berposisi tidur dengan kedua kaki ditekuk ke depan

3) Lalu orang pertama memegang mata kaki orang kedua dengan cara membungkuk dan orang keduapun juga memegang mata kaki orang pertama

4) Setelah itu lakukan gulingan roll depan secara berurutan dan seirama dengan pasangannya masing-masing

  • ROLL BELAKANG

Yan dimaksud dengan roll belakang iaalah gerakan badan berguling kearah belakang melalui bagian belakang badan mulai dari panggul bagian belakang,pinggang, punggung, dan tengkuk.

Cara melakukan :

1) Berdiri tegap dan kedua tangan diangkat lurus ke atas membentuk huruf ”V”

2) Lalu pandangan lurus ke depan

3) Kemudian ikuti dengan menekuk kedua lutut hingga agak jongkok atau setengah jongkok dan tangan lurus kedepan

4) Lalu gulingkan badan ke belakang dengan tangan siap menyanggah dan memberi dorongan agar mendapat gulingan yang maksimal

5) Pada saat berguling kaki lurus dan saat menjatuhkan kaki dijatuhkan jauh di atas kepala

6) Lalu kembali keposisi semula yakni berdiri tegak dengan pandangan mata ke arah depan

  • ROLL BELAKANG BERPASANGAN

Cara melakukan :

1) Orang pertama berdiri

2) Orang kedua tidur terlentang dengan kedua kaki diangkat ke atas

3) Orang pertama memegang kedua mata kakinya orang yang kedua

4) Lalu orang pertama menarik sekuat-kuatnya kaki orang yang kedua tersebut agar mendapat dorongan berguling ke belakang

5) Kemudian lakukan gulingan secara terus-menerus

  • PROFILLER

Cara melakukan :

1) Kaki kanan lurus ke samping kanan dengan ujung kaki kanan lurus

2) Kaki kiri ditekuk seperti posisi jongkok

3) Kedua tangan menyentuh matras yang letaknya tepat ditengah-tengah kaki yang ditekuk dan yang diselonjorkan

4) Putar kaki kanan ke arah dalam hingga melewati kaki kiri yang ditekuk

5) Pada saat kaki kanan melewati kaki kiri maka angkat badan dengan kedua tangan agar kaki kanan dapat berputar kebelakang melewati kaki kiri lalu kemudian kembali ke posisi awal

5) Lakukan gerakan tersebut sebanyak 10X, kemudian pada putaran terakhir kaki kiri dan kaki kanan harus di buka lebar lurus kesamping dan kedua tangan harus berada di depan sebagai penyangganya

  • MERODA

Gerakan meroda merupakan gerakan memutar badan dengan sikap menyamping arah gerakan dan tumpuan bert badan ketika berputar menggunakan kedua tangan dan kaki.

Cara melakukan :

1) Berdiri dengan sikap tegak dan posisi tangan berada disamping

2) Lalu perlahan angkat tangan ke atas dengan sikap menyerupai huruf ”V”

3) Lalu putar kedua tangan kebelakang dengan diikuti kaki kanan/kiri melangkah ke depan lalu diikuti dengan kaki kiri/kanan sebagai hentakannya

4) Lalu letakkan tangan kanan lalu tangan kiri/tangan kiri lalu tangan kanan pada matras

5) Pada saat memutar kedua kaki harus lurus agar mendapat posisi yang maksimal

6) Saat sudah memutar posisi badan menghadap kesamping lalu putar kaki supaya bisa menghadap ke depan dan pandangan matapun harus menghadap ke depan

  • Sikap Lilin
  1. Posisi tidur telentang.

  2. Ke 2 tangan ditekuk dekat sisi telinga,

  3. Angkat ke 2 kaki (rapat) lurus keatas dengan tangan menopang pinggang.

Gambar sikap lilin

C. PENUTUP

C.1. PEMANASAN PASIF (PENDINGINAN)

Pemanasan ini dilakukan dengan cara berpasangan, dimana setiap pasangan saling membantunya secara bergantian, Pemanasan ini di lakukan dengan duduk dan kaki selonjor, Pemanasan ini dilakukan dapat menghilangkan rasa kaku-kaku setelah melakukan kegiatan senam, pemanasan ini dilakukan dengan hitungan 1x 8, Pemanasan ini antara lain:

Pemanasan pada kepala:

1)Menekan kepala ke arah bawah

2)Menekan kepala ke arah atas

3)Menekan kepala ke arah samping kanan dan kiri

4)Menolehkan kepala ke kanan dan ke kiri

Pemanasan pada tangan:

1)Menarik tangan kanan ke arah kiri

2)Menarik tangan kiri ke arah kanan

3)Menekan tangan kanan ke arah bawah di belakang kepala

4)Menekan tangan kiri ke arah bawah di belakang kepala

Pemanasan pada badan:

1) Membungkukkan kepala hingga hidung mencium kedua lutut

2) Kedua kaki di buka lalu membungkukkan kepala hingga hidung mencium lutut kaki kanan,tengah-tengah kaki(ubin)lalu mencium kaki kiri dan punggung agak ditekan

Pemanasan pada punggung

1)Menarik tangan ke belakang hingga posisi maksimum

2)Mengangkat kedua kaki ke atas hingga posisi maksimal

3)Menyilangkan kedua kaki ditekuk hingga ujung jari menyentuh punggung

NYANYIAN/LAGU

Kegiatan ini dilakukan secara serempak dan bersama-sama, kegiatan ini dilakukan sebagai rileksasi dan ketika pada saat bernyanyi mahasiswa dan mahasiswi bersama-sama menyertai nyanyian tersebut dengan tepuk tangan

Lagu yang dinyanyikan bersama-sama itu adalah:

♣ 1 orang pergi, pergi potong lalang, 1 orang sama kambing pergi-pergi potong lalang

♣ 2 orang pergi, pergi potong lalang, 2,1 orang sama kambing pergi-pergi potong lalang

♣ 3 orang pergi, pergi potong lalang, 3,2,1 orang sama kambing pergi-pergi potong lalang

♣ 4 orang pergi, pergi potong lalang, 4,3,2,1 orang sama kambing pergi-pergi potong lalang

♣ 5 orang pergi,pergi potong lalang, 5,4,3,2,1 orang sama kambing pergi-pergi potong lalang

♣ 6 orang pergi,pergi potong lalang, 6,5,4,3,2,1 orang sama kambing pergi-pergi potong lalang

♣ 7 orang pergi,pergi potong lalang, 7,6,5,4,3,2,1 orang sama kambing pergi-pergi potong lalang

♣ 8 orang pergi,pergi potong lalang, 8,7,6,5,4,3,2,1 orang sama kambing pergi-pergi potong lalang

♣ 9 orang pergi,pergi potong lalang, 9,8,7,6,5,4,3,2,1 orang sama kambing pergi-pergi potong lalang

♣ 10 orang pergi,pergi potong lalang, 10,9,8,7,6,5,4,3,2,1 orang sama kambing pergi-pergi potong lalang

sejarah Tenis Meja

Tugas Ini disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah tenis meja

















Disusun Oleh :

MUHAMMAD AANG CHUNAIFI

108 381

SEKOLAH TINGGI KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN

STKIP PGRI JOMBANG

PENJASKES / 2010

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah
Pentingnya olahraga dirasakan oleh manusia dalam aktivitasnya sehari-hari sehingga semua laporan masyarakat ikut serta didalamnya. Olahraga banyak macamnya salah satu diantaranya olahraga bidang tenis meja. Tenis meja merupakah salah satu cabang olahraga yang banyak penggemarnya, tidak terbatas pada tingkat usia remaja, tetapi juga anak-anak dan orang tua, pria atau wanita cukup besar peminatnya. Hal ini disebabkan karena olahraga yang satu ini tidak terlalu rumit untuk diikuti.
Pada dasarnya olahraga tenis meja merupakan olahraga yang berskala internasional, banyak negara yang ikut berperan dalam olimpiade atau pesta olahraga dunia, bahkan pada tahun 1977 kurang lebih 75 negara ikut bertanding di Bermingham (Inggris).

B. Perumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah di atas maka dalam pembuatan atau penyusunan makalah ini ditemukan beberapa rumusan masalah sebagaimana dapat dikemukakan sebagai berikut :
1. Bagaimana cara orang bisa mengetahui tentang tenis meja ?
2. Bagaimana sejarah tentang tenis meja ?
3. Bagaimana cara orang mengetahui apa saja perlengkapan tenis meja ?
4. Bagaimana cara orang mengetahui peraturan tenis meja ?

C. Tujuan Masalah
1. Untuk mengetahui cara orang mengetahui tentang tenis meja.
2. Untuk mengetahui sejarah tentang tenis meja
3. Untuk mengetahui tentang perlengkapan tenis meja
4. Untuk mengetahui peraturan tenis meja

PEMBAHASAN

A. Pengertian Tenis Meja
Hampir setiap orang pernah bermain tenis meja sesekali dalam hidupnya telah dicobanya bermain pingpong, entah untuk mengisi waktu dikala senggang, entah sebagai pelampiasan rasa ingin tahu saja. Tujuannya hanyalah satu dua game, mencoba set tenis meja yang baru diterimanya sebagai hadiah ulang tahun atau hari natal. Dipasangnya pun di atas meja makan ! Ada juga yang mengikuti pertandingan pingpong secara lebih mendalam.
Tenis meja adalah suatu cabang olahraga yang tidak mengenal batas umur, anak –anak maupun orang dewasa dapat bermain bersama. Dapat dianggap sebagai acara rekreasi, dapat juga dianggap sebagai olahraga atletik yang harus ditanggulangi dengan bersungguh-sungguh. Tetapi kalau kita ingin menguasai pingpong sebagai olahraga, maka mau tak mau kita harus mempelajari dan memahami berbagai stroke (pukulan) yang ada, kita harus menguasai juga berbagai style permainan yang utama, tak mungkin bermain pingpong dengan baik tanpa mengetahui dasar-dasar ini.
Tenis meja merupakan salah satu abang olahraga yang banyak penggemarnya, tidak terbatas pada tingkat usia remaja saja, tapi juga anak-anak dan orang tua, pria dan wanita cukup besar peminatnya, hal ini disebabkan karena olahraga yang satu ini tidak terlalu rumit untuk diteliti.
B. Sejarah Tentang Tenis Meja
Pada mulanya tenis meja dianggap sebagai permainan yang lucu dan kurang menarik, karena mulanya seorang gadis dan seorang pemuda memukul bola plastic kecil melintas di atas net ( yang selanjutnya disebut pingpong). Pada perkembangan selanjutnya dari hasil latihan sampai terampil dalam bermain bola pingpong itu dapatlah ditentukan bahwa tubuh merupakan subjek yang harus melewati latihan khusus dan intensif, serta harus mampu memukul bola lebih dari 100 mph dan harus dapat menguasai bola itu sendiri.
Pada saat tenis meja merupakan ukuran olahraga prestasi internasional, selebih bertahun selama 30 tahun menjadi ukuran prestasi nasional. Pertandingan tenis meja diselenggarakan di London tahun 1926, yang semata-mata merupakan kompetisi antara 7 negara dan selanjutnya diikuti oleh 34 negara. Tahun 1930 Inggris mampu mendapat unggulan, yakni Fred Derry yang memenangkan kejuaran tunggal Wimbolden pada tahun 1928 – 1929. Sukses yang diperoleh Eropa Timur, membuat nama Viktor Barna dari Richard Bergmann menjadi tokoh legendaris. Barna sendiri menjadi raja tenis meja selama 16 tahun dalam nomor tunggal dan ganda.
Setelah Perang Dunia II, tenis meja mengundang simpati dan mempesonakan setengah dari benua Eropa. Hungaria dan Cekoslawakia menghasilkan pemain–pemain kaliber dunia serta memperkenalkan teknik permainan yang maju dan lebih maju.

C. Perlengkapan Tenis Meja
1. Bet atau Raket
Bet merupakan alat utama untuk memukul bola pada tenis meja. Pada mulanya dipakai busa atau spon, kemudian mengalami perubahan pada masa 30 tahun terakhir. Alat pemukul bola pada tenis meja ( bet atau raket) semakin disederhanakan. Bet – bet terbuat dari bahan – bahan lunak dengan postur bundar, dan terbuat dari karet. Dengan adanya karet sintetis tersebut didapatkan bet seperti yang dipakai Barna, Bergmann dan Leach. Bet yang dilapisi karet tidak saja memberi kecepatan penuh, tetapi juga memberi kesempatan kepada para pemain mengembangkan gaya permainannya yang akurat, penuh kehalusan dan teknik yang meliputi segalanya. Bola akan berputar-putar membingungkan pandangan pada keepatan prima. Pukulan semacam itu, harus sudah menyatu dalam perlengkapan tenis bagi pemain kaliber dunia.
2. Bola
Secara tradisional bola –bola dibuat dari bahan celluloid dan pada perkembangan selanjutnya bola disempurnakan menjadi superbal yang terbuat dari serpihan plastik. Namun demikian terdapat kesulitan pada daya pantul yang tidak dapat diandalkan. Dengan bola –bola yang dihasilkan secara tradisional, tidak lagi merupakan personal bagaimana gigihnya menjatuhkan lawan, tetapi bagaimana cara dan menghindari agar supaya tidak mengikuti irama permainan lawan, sedangkan dengan menggunakan superbal, sesuai 3 -4 kali permainan bola akan tetap licin dan sukar mengendalikannya. Hampir semua pemain tenis meja dunia menola bola jenis ini karena tidak dapat memberikan kesempatan baik pada set-set yang tidak diduga.
3. Pakaian
Pilihlah kaos yang sesuai dengan postur tubuh anda, sehingga memberi kenyamanan. Jangan memilih kaos yang menyebabkan suasana panas dan dingin, pakailah kaos yang benar-benar sesuai dan memberi kenyamanan bagi tubuh.
Sebelum mulai pertandingan suatu turnamen, pemanasan tubuh adalah penting, beberapa tempat permainan di dunia internasional, kadang –kadang terlalu dingin. Untuk itu dibutuhkan kaos rangkap dan atau tiga untuk menghindarkan dari kejang-kejang atau kedinginan.
4. Meja Tenis
Meja yang baik adalah meja yang mempunyai ukuran sebagai berikut ;
Panjang : 2,74 meter
Lebar : 1,52 meter
Panjang net : 1,83 meter
Tinggi : 76 cm
Warna meja yang ideal adalah hijau dengan garis-garis batas berwarna putih dan lebar 2 cm.

5. Net
Net ini berfungsi sebagai pembagi mesin menjadi dua bagian yang sama luasnya. Di kiri kanan meja dipasang dua tiang penyangga ukuran 15 sampai 25 cm, tingginya dan berjarak 15 sampai 25 dari garis pinggir. Tiang penyangga ini berguna untuk mengikatkan tali penopang net tersebut.
Tinggi net berkisar antara 15 sampai 25 cm di atas permukiman meja, sedangkan bagian bawahnya harus dipasang sedekat mungkin dengan permulaan meja tersebut.

D. Peraturan Tenis Meja
1. Meja
a. Permukaan atas meja yang secara umum diistilahkan sebagai ” Playing surface” harus berbentuk segi empat dengan ukuran panjang 2,74 meter dan lebar 15,25 meter. Permukaan ini harus terletak horisontal pada ketinggian 760 mm di atas lantai.
b. Permukaan atas meja dapat terbuat dari material apapun juga, asalkan kemungkinan pantulan bola setinggi 220 sampai 250 mm dengan menggunakan bola standar (sebaiknya yang jenis medium) dan dijatuhkan dari ketinggian 305 mm dari atas permukaan meja.
c. Permukaan meja ini harus berwarna gelap, kalau mungkin hijau tua. Permukaan meja ini tidak boleh berkilat dan dibatasi dengan garis putih sebesar 20 mm di semua sisinya.
1) Garis putih yang membatasi lebar permukaan meja sepanjang 1,525 meter akan diberi nama ” batas akhir” (endlines)
2) Garis putih yang membatasi panjang permukaan meja sepanjang 2,74 meter akan diberi nama ” batas sisi” ( side lines)
d. Bagi permainan ganda, permukaan meja ini akan dibagi menjadi dua bagian dengan garis putih selebar 3 mm. Garis tengah ini pararel dengan batas sisi dan akan diberi nama ” batas tengah” ( centre line). Batas tengah yang sudah digambarkan secara permanen ini tak perlu dihapus apabila meja hendak dipakai untuk permainan tunggal.
2. Net
a. Permukaan meja akan dibagi menjadi dua sisi dengan ukuran yang sama dengan perantaraan sebuah ” jaring” (net) yang pararel dengan batas akhir meja tersebut.
b. Net ini akan ditegangkan oleh tali yang diikat pada kedua belah sisi pada sebuah tiang penyangga setinggi 152,5 mm, sedangkan batas sisi dari kedua tiang penyangga harus berjarak 152,5 mm dari batas sisi permukaan meja.
c. Panjang net itu, beserta perpanjangnya di sisi kanan dan kiri harus berukuran : panjang 1.83 m sedangkan seluruh panjang tersebut, terhitung dari ujung atas net, harus berjarak 152,2 mm di atas permukaan meja.
3. Bola
a. Bola harus berbentuk bulat, dengan diameter minimum 37,2 mm dan maksimum 28.2 mm.
b. Berat bola minimum harus 240 gram dan maksimum 2.54 gram.
c. Bola ini harus terbuat dari selulosa atau plastik lainnya yang sejenis dan harus berwarna putih atau king tanpa ada efek berkilat ( harus suram).
4. Bet atau raket
a. Ukuran raket bebas, demikian juga bentuk dan beratnya.
b. ”Blade” ( bagian raket yang bundar, dengan maka kita memukul bola) harus terbuat dari kayu seluruhnya, rata tebalnya , datar dan kaku.
c. Bagian permukaan dari setiap sisi black tersebut, dipakai ataupun tidak dipakai untuk memukul bola, harus berwarna gelap suram setiap pinggiran atas hiasan dipinggir blade tidak berwarna putih atau berrefleksi.

Teknik Bermain Futsal

Bermain Futsal tidak jauh berbeda dengan bermain Sepakbola pada umumnya, butuh kekuatan stamina, mental dan strategi. Ada sedikit perbedaan mendasar dalam hal pola permainan dan pengaturan serangan.

Pola permainan dalam Futsal banyak didominasi permainan kaki ke kaki, maksudnya pengaturan dalam bertahan, maupun menyerang lebih banyak dilakukan
dengan umpan-umpan pendek, mengingat ukuran lapangan yang lebih kecil dibanding lapangan sepakbola. Dengan pola seperti ini skill dan kekompakan tim terutama dalam mengolah bola, mengumpan, menjaga pertahanan dan menyerang ke daerah lawan sangat diperlukan.

Didalam Futsal jarang sekali diterapkan umpan-umpan panjang, strategi ini hanya buang-buang energi, disamping itu juga tidak mencerminkan permainan yang baik dan enak dilihat . Namun demikian, bukannya hal tersebut dilarang atau tidak disarankan, tinggal kembali kepada individu sendiri, mau bagaimana memainkan permainan Futsal tersebut.
Jarangnya teknik-teknik tersebut diterapkan, hal ini lebih kepada bisa terciptanya pola permainan yang cantik, enak dilihat serta proses gol yang indah. Begitu juga dengan heading bola, gol-gol yang tercipta dengan kepala bisa lebih terlihat bagus dan enak untuk dilihat, terlebih jika proses penyerangan tersebut dilakukan dengan pola penyerangan terstruktur.

Nah sekarang tinggal bagaimana kita membuat suatu pola dan strategi bermain yang bagus, untuk hal itu tentunya ada beberapa hal yang menjadi fokus utama dalam menciptakan pola permainan yang bagus.
1. Penguasaan terhadap bola.
Untuk melatih penguasaan bola tahap pertama adalah dengan memfokuskan pada kekuatan dan kelincahan dalam pergerakan kaki, sebagaimana saya jelaskan dalam artikel Tips warming up sebelum bermain futsal, pemanasan sangat diperlukan, lakukan sesering mungkin dribling untuk menselaraskan pergerakan kaki dan arah bola, bisa dilakukan dengan variasi zig-zag.

2. Komposisi Pemain.
Untuk membentuk tim yang bagus, cermati skill tiap-tiap pemain dalam hal penguasaan bola, pengaturan serangan dan menyerang.Tempatkan pemain yang memiliki model pergerakan kaki yang rapat sebagai pemain bertahan, rapat di sini maksudnya model pergerakan kakinya yang tidak terlalu panjang, hal ini bisa lebih berguna untuk menghambat laju pergerakan bola lawan, dan sebaliknya tipe pemain dengan pergerakan panjang lebih bisa dimanfaatkan sebagai penyerang.
Untuk pemain tengah dibutuhkan sosok yang memiliki kemampuan mengatur serangan dan yang lebih diutamakan adalah kemampuan stamin yang paling prima, mengingat posisinya memungkinkan melakukan penyerangan dan bertahan
3. Teknik dan Pola Permainan.
Jumlah pemain Futsal bisa dilakukan 5 atau 6 orang termasuk penjaga gawang. Penempatan pemain yang pas menurut karakter dan gaya permainan masing-masing posisi akan lebih menyeimbangkan pola dalam bertahan maupun menyerang, adapun posisi yang bisa diterapkan sebagai berikut.
Jumlah pemain 5 orang :
1. Pola 1 - 2 - 2
Pola 122

Jumlah pemain 6 orang :
1. Pola 1-2-1-2
Untuk pola ini 1 orang penjaga gawang, 2 orang back kiri dan kanan, 1 gelandang dan 2 striker kiri dan kanan.
Pada saat bertahan posisi semua berada di daerah sendiri dengan pola:
Pola 1212
Pengatur serangan yakni gelandang bisa mengumpan ke posisi dua penyerang dan bola bisa dimainkan diketiga posisi tersebut guna mencari celah untuk shooting bola ke gawang lawan.
Tugas back kiri/kanan selain menjaga pergerakan lawan, juga ada pembagian tugas ambil bola mati didaerah sendiri, jika bola mati ada di kanan maka back kanan yang mengambil bola, begitu juga sebaliknya, diusahakan jangan saling mengambil posisi,
tujuannya agar selalu fokus terhadap daerah/wilayahnya sendiri. Sementara tugas gelandang yakni mengatur serangan dan membantu pertahanan, makanya gelandang paling memiliki stamina dan skill yang lebih prima.

2. Pola 1-2-3
Pola ini bisa diterapkan dengan catatan posisi 2 bek bisa menjaga dan mampu membantu penyerangan, tentunya kapasitas 2 bek ini tidak hanya kuat mempertahankan area gawang, namun juga mempunyai skill dalam pengaturan serangan, sehingga tiga penyerang bisa leluasa mengobrak-abrik pertahanan lawan. Dengan pola ini diharapkan pola serangan lebih dipertajam.
Pola 123

3. Pola 1-1-2-2
Pola ini menjadikan ada posisi back yang menggantung dibelakang dua pemain tengah, hal ini bertujuan supaya si back tunggal tersebut bisa menghalau dengan lugas serangan-serangan yang kemungkinan lolos dari pertahanan sektor gelandang. Skill yang dimiliki oleh back tunggal ini harus benar-benar prima, mampu membaca pergerankan bola dan serangan lawan, disamping itu juga memiliki phisik yang kuat, mangingat posisi antara back tunggal dengan gelandang sejajar, dimana pada posisi ini akan menghalau serangan -serangan baik dari kiri maupun kanan, dan tentunya kerjasama dan kekompakan dengan posisi gelandang sangat perlukan.
Pada pola ini juga, posisi sayap kanan maupun kiri difungsikan bisa membantu pertahanan, turun ke bawah membantu back tunggal tersebut, maka dari itu posisi sayap ini harus memiliki kecepatan lari dimana harus melakukan penyerangan dan segera balik ke pertahanan.
Didalam pola ini, jika terjadi bola mati didaerah pertahanan kiri maupun kanan, maka yang berhak mengambil bola yakni masing2x sayap tersebut, tidak diserahkan kepada back tunggal tersebut, mengingat jika dilakukan oleh back tunggal, maka dikhawatirkan posisi pertahanan jadi lowong.
Dari semua pola yang diterangkan diatas, pada dasarnya diterapkan sebagai optimalisasi pola serangan atau pola bertahan dalam suatu permainan itu sendiri, sehingga para pemain bisa lebih memahami strategi permainan dan fokus terhadap tugas dari masing-pemain.
Pol 1122

Salam Futsal…

sejarah Voli Pantai

Tugas Ini disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah bola voli

















Disusun Oleh :

MUHAMMAD AANG CHUNAIFI

108 381

SEKOLAH TINGGI KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN

STKIP PGRI JOMBANG

PENJASKES / 2010

Sejarah Singkat

Berawal dari sebuah kota yang bernaman Santa Monica, yang terletak di wilayah California, permainan bola voli pantai pertama kali dimulai pada tahun 1920-an. Permainan yang merupakan perkembangan dari permainan bola voli ini mulai mengembangkan sayapnya di wilayah Eropa dengan lamban. Penyebarannya ke wilayah- wilayah yang terdapat di benua Eropa mulai terlihat pada sekitar tahun 1930-an, sepuluh tahun setelah pertama kali diciptakan. Perkembangan permainan ini betul-betul berjalan dengan lamban. Hal ini dapat dilihat pada masa kepopulerannya. Permainan bola voli pantai ini baru mulai terkenal pada sekitar tahun 1980-an.


Brazil dan Amerika Serikat adalah dua negara yang selama berpuluh-puluh tahun telah berkecimpung dan mendominasi permainan bola voli pantai pada kelas internasional. Selain Brazil dan Amerika Serikat, belakangan ini Australia juga telah muncul sebagai negara terkuat yang ketiga dalam permainan bola voli ini. Beberapa negara yang lain, yang terletak di Eropa juga telah berusaha untuk terus mengembangkan potensi mereka.

Peraturan Dan Tehnik Bermain

Pada dasarnya, sebagian besar peraturan dan tehnik-tehnik yang terdapat pada permainan bola voli pantai sama dengan permainan bola voli dalam ruangan. Perolehan poin akan didapatkan oleh sebuah tim, jika tim tersebut berhasil menjatuhkan bola di area lawan. Atau, poin juga dapat diperoleh apabila tim lawan melakukan kesalahan atau pelanggaran. Kontak antara pemain dengan bola pun tidak boleh lebih dari 3 kali pukulan, sebelum bola tersebut berhasil melewati net dan meyeberang ke area lawan. Pada 3 pukulan tersebut harus dilakukan oleh pemain yang berbeda secara bergantian. Satu orang pemain tidak boleh melakukan kontak (memukul) bola lebih dari satu kali, sebelum bola tersebut dioper terlebih dahulu ke rekan pemainnya atau ke tim lawan. Perbedaan yang paling signifikan antara permainan bola voli pantai dengan bola voli dalam ruangan terletak pada lokasi dan jumlah pemain pada setiap timnya. Pada permainan bola voli dalam ruangan, lokasi yang digunakan untuk melangsungkan pertandingan berupa lapangan dengan permukaan yang keras. Sedangkan permainan bola voli pantai dimainkan di atas lapangan dengan lapisan pasir yang cukup tinggi. Yang kedua, pemain dalam setiap tim berjumlah 6 orang. Sedangkan pada permainan bola voli pantai, pemain dalam setiap tim hanya berjumlah 2 orang.


Selain dua perbedaan yang telah disebutkan diatas, berikut ini adalah beberapa perbedaan kecil lain yang terdapat dalam permainan bola voli pantai:

  • Lapangan yang digunakan dalam permainan bola voli pantai memiliki ukuran yang lebih sempit jika dibandingkan dengan lapangan bola voli dalam ruangan. Jika pada lapangan bola voli dalam ruangan memiliki ukuran 9 x 9 meter (ukuran setengah lapangan), maka lapangan yang digunakan pada permainan bola voli pantai hanya berukuran 8 x 8 meter.
  • Dalam permainan bola voli pantai tidak terdapat garis 3 meter.
  • Jika seorang pemain bola voli pantai melakukan block, sedangkan block tersebut membentur net hingga terpental dan terjadi kontak dengan blocker tersebut atau dengan pemain pasangannya, maka kontak tersebut akan dihitung sebagai satu pukulan.
  • Dalam permainan bola voli pantai, menyeberang ke area lawan melalui bawah net tidak dianggap sebagai sebuah pelanggaran, selama hal tersebut tidak mengganggu gerakan tim lawan.
  • Dalam permainan bola voli pantai dikenal istilah Open-hand dinks, yaitu mengarahkan atau mengoper bola ke arah area lawan hanya dengan menggunakan ujung jari-jari. Dalam permainan bola voli dalam ruangan, tehnik ini diperbolehkan. Namun, tehnik ini adalah salah satu pelanggaran jika seseorang mempraktekkannya dalam permainan bola voli pantai.
  • Servis pada permainan bola voli pantai dalam satu tim dilakukan secara bergantaian antara pemain yang satu dengan pemain yang lain. Namun, dalam permainan ini tidak diperlukan putaran pemain.
  • Selain tidak terdapat seorang libero, dalam permainan bola voli pantai juga tidak diberlakukan sistem pergantian pemain seperti dalam permainan bola voli dalam ruangan.
  • Biasanya, sebagian besar pemain bola voli pantai akan bermain tanpa menggunakan sepatu (barefoot). Hal ini dapat dilakukan berdasarkan keinginan pemain itu sendiri maupun berdasarkan peraturan yang telah ditetapkan.
  • Permainan bola voli pantai dimainkan dalam 3 set. Tim pemenang adalah tim yang pertama kali menang dalam 2 set. Pertandingan pada setiap set akan berlangsung hingga 21 poin, pada dua set pertama. Dan pada dua set pertama ini terdapat 2 poin sebagai poin tambahan. Sedangkan pada set yang ketiga, permainan hanya akan berlangsung hingga 15 poin, dengan 2 poin tambahan.
  • Permainan bola voli pantai menggunakan jenis bola dengan ukuran yang lebih besar dan lebih lunak daripada bola yang biasa digunakan dalam permainan bola voli dalam ruangan. Permainan bola voli pantai menggunakan bola dengan tekanan internal yang lebih rendah.

Isyarat Tangan

Penggunaan isyarat tangan adalah salah satu tehnik yang telah menjadi bagian dalam permainan bola voli pantai. Isyarat tangan adalah salah satu tehnik yang vital dan harus dimengerti oleh setiap pemain bola voli pantai. Hal ini karena isyarat tangan adalah salah satu langkah yang selalu digunakan untuk melakukan penyerangan maupun menentukan taktik permainan yang akan digunakan. Pemberian isyarat dengan tangan ini biasanya selalu dilakukan dengan menggunakan kedua tangan, dilakukan oleh rekan pemain yang sedang melakukan servis. Ketika memberikan isyarat tersebut, posisi tangan berada di belakang badan. Hal ini bertujuan agar tim lawan tidak dapat melihat isyarat tersebut. Isyarat tangan, kadang juga digunakan ketika rally sedang berjalan. Namun, hal ini tidak terlalu sering dilakukan.


Berikut ini adalah beberapa jenis isyarat tangan yang biasa digunakan dalam permainan bola voli:

  • Closed Fist
Isyarat dengan menggunakan kepalan tangan ini menyatakan bahwa tidak perlu melakukan block pada sisi lapangan tersebut.
  • One Finger
Maksud dari isyarat ini adalah agar pemain yang berperan sebagai blocker melakukan block terhadap spike dari tim lawan, dengan mengarahkan block tersebut di bawah garis atau ke arah spiker tim lawan.

  • Two Fingers
Isyarat dengan menggunakan dua jari tangan menandakan bahwa blocker harus berusaha melakukan block, dan mengarahkan block tersebut ke sudut lapangan lawan (dengan arah menyilang).

  • Open Hand
Isyarat tangan yang lain, yang biasa digunakan dalam permainan bola voli pantai adalah dengan posisi tangan terbuka. Posisi tangan terbuka ini artinya adalah blocker harus melakukan block sesuai dengan posisi set yang dilakukan oleh pemain dari tim lawan.

Beberapa Hal Lain

  • Perhatikan jenis servis yang dikuasai oleh tim lawan.
  • Jenis servis apa yang sulit dikendalikan oleh tim lawan.
  • Jenis formasi yang digunakan oleh tim lawan.
  • Perhatikan area lawan yang kosong atau dalam posisi lemah pertahanannya.
  • Cari pemain dari tim lawan yang lemah tehnik pertahanannya.
  • Perhatikan formasi block tim lawan, cari formasi block yang lemah.
  • Perhatikan tehnik-tehnik permainan yang digunakan oleh setter.
  • Amati bentuk cover yang digunakan oleh tim lawan.
  • Perhatikan keadaan fisik para pemain dari tim lawan, tinggi badannya, dan kemampuan serta kecepatan lompatnya.
  • Perhatikan kondisi stamina tim lawan.

Beberapa Tips Sebelum Bertanding


  • Memantapkan tehnik-tehnik yang akan digunakan dalam pertandingan, baik tehnik menyerang maupun tehnik bertahan.
  • Berusaha untuk menghilangkan atau meminimalisir kelemahan yang terdapat pada tim ketika melakukan latihan.
  • Persiapkan fisik dengan baik, agar tetap berada dalam kondisi yang prima ketika bertanding.
  • Pulihkan lelah tubuh setelah latihan dengan istirahat yang cukup.
  • Memperkuat rasa percaya diri pada setiap pemain.
  • Memberikan dorongan kepada rekan satu tim yang gugup ketika akan mengikuti pertandingan.
  • Bila perlu, adakan rekreasi satu tim pada tiga hari sebelum pertandingan untuk menghilangkan rasa tegang.
  • Pemain dapat memanfaatkan waktu 3 sampai 5 menit sebelum pertandingan untuk mempelajari kondisi area pertandingan, misalnya:
  • Mempelajari keadaan lapangan dan batas-batasnya.
  • Perhatikan tinggi net yang akan digunakan selama pertandingan.
  • Menyesuaikan strategi permainan.
  • Membangun semangat masing-masing dan tim.
  • Melakukan pemanasan ringan, misalnya dengan melakukan latihan servis, set, dan pass untuk menghilangkan rasa gugup.

Sejarah Karate Dunia


Tugas Ini disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah karate

















Disusun Oleh :

MUHAMMAD AANG CHUNAIFI

108 381

SEKOLAH TINGGI KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN

STKIP PGRI JOMBANG

PENJASKES / 2010
SEJARAH KARATE DUNIA:

Sejarah karate sampai saat ini tidak begitu jelas, sehingga untuk mengetahuinya sedikit banyak harus mempercayai dari cerita dan legenda.

Sejarah karate sampai saat ini tidak begitu jelas, sehingga untuk mengetahuinya sedikit banyak harus mempercayai dari cerita dan legenda.

Menurut sejarah sebelum menjadi bagian dari Jepang, Okinawa adalah suatu wilayah berbentuk kerajaan yang bebas merdeka. Pada waktu itu Okinawa mengadakan hubungan dagang dengan pulau-pulau tetangga. Salah satu pulau tetangga yang menjalin hubungan kuat adalah Cina. Hasilnya Okinawa mendapatkan pengaruh yang kuat akan budaya Cina.

Sebagai pengaruh pertukaran budaya itu banyak orang-orang Cina dengan latar belakang yang bermacam-macam datang ke Okinawa mengajarkan bela dirinya pada orang-orang setempat. Yang di kemudian hari menginspirasi nama kata seperti Jion yang mengambil nama dari biksu Budha. Sebaliknya orang-orang Okinawa juga banyak yang pergi ke Cina lalu kembali ke Okinawa dan mengajarkan ilmu yang sudah diperoleh di Cina.

Pada tahun 1477 Raja Soshin di Okinawa memberlakukan larangan pemilikan senjata bagi golongan pendekar. Tahun 1609 Kelompok Samurai Satsuma dibawah pimpinan Shimazu Iehisa masuk ke Okinawa dan tetap meneruskan larangan ini. Bahkan mereka juga menghukum orang-orang yang melanggar larangan ini. Sebagai tindak lanjut atas peraturan ini orang-orang Okinawa berlatih Okinawa-te (begitu mereka menyebutnya) dan Ryukyu Kobudo (seni senjata) secara sembunyi-sembunyi. Latihan selalu dilakukan pada malam hari untuk menghindari intaian. Tiga aliranpun muncul masing-masing memiliki ciri khas yang namanya sesuai dengan arah asalnya, yaitu : Shurite , Nahate dan Tomarite.



Namun demikian pada akhirnya Okinawate mulai diajarkan ke sekolah-sekolah dengan Anko Itosu (juga mengajari Funakoshi) sebagai instruktur pertama. Dan tidak lama setelah itu Okinawa menjadi bagian dari Jepang, membuka jalan bagi karate masuk ke Jepang. Gichin Funakoshi ditunjuk mengadakan demonstrasi karate di luar Okinawa bagi orang-orang Jepang.

Gichin Funakoshi sebagai Bapak Karate Moderen dilahirkan di Shuri, Okinawa, pada tahun 1868, Funakoshi belajar karate pada Azato dan Itosu. Setelah berlatih begitu lama, pada tahun 1916 (ada yang pula yang mengatakan 1917) Funakoshi diundang ke Jepang untuk mengadakan demonstrasi di Butokukai yang merupakan pusat dari seluruh bela diri Jepang saat itu.Selanjutnya pada tahun 1921, putra mahkota yang kelak akan menjadi kaisar Jepang datang ke Okinawa dan meminta Funakoshi untuk demonstrasi. Bagi Funakoshi undangan ini sangat besar artinya karena demonstrasi itu dilakukan di arena istana. Setelah demonstrasi kedua ini Funakoshi seterusnya tinggal di Jepang.

Selama di Jepang pula Funakoshi banyak menulis buku-bukunya yang terkenal hingga sekarang. Seperti “Ryukyu Kempo : Karate” dan “Karate-do Kyohan”. Dan sejak saat itu klub-klub karate terus bermunculan baik di sekolah dan universitas.

Gichin Funakoshi selain ahli karate juga pandai dalam sastra dan kaligrafi. Nama Shotokan diperolehnya sejak kegemarannya mendaki gunung Torao (yang dalam kenyataannya berarti ekor harimau). Dimana dari sana terdapat banyak pohon cemara ditiup angin yang bergerak seolah gelombang yang memecah dipantai. Terinspirasi oleh hal itu Funakoshi menulis sebuah nama “Shoto” sebuah nama yang berarti kumpulan cemara yang bergerak seolah gelombang, dan “Kan” yang berarti ruang atau balai utama tempat muridnya-muridnya berlatih.

Simbol harimau yang digunakan karate Shotokan yang dilukis oleh Hoan Kosugi (salah satu murid pertama Funakoshi), mengarah kepada filosofi tradisional Cina yang mempunyai makna bahwa ’’harimau tidak pernah tidur’’. Digunakan dalam karate Shotokan karena bermakna kewaspadaan dari harimau yang sedang terjaga dan juga ketenangan dari pikiran yang damai yang dirasakan Gichin Funakoshi ketika sedang mendengarkan suara gelombang pohon cemara dari atas Gunung Torao.

Sekalipun Funakoshi tidak pernah memberi nama pada aliran karatenya, murid-muridnya mengambil nama itu untuk dojo yang didirikannya di Tokyo tahun sekitar tahun 1936 sebagai penghormatan pada sang guru. Selanjutnya pada tahun 1949 Japan Karate Association (JKA) berdiri dengan Gichin Funakoshi sebagai instruktur kepalanya.

Shotokan adalah karate yang mempunyai ciri khas beragam teknik lompatan (lihat Enpi, Kanku Dai, Kanku Sho dan Unsu), gerakan yang ringan dan cepat. Membutuhkan ketepatan waktu dan tenaga untuk melancarkan suatu teknik.

Gichin Funakoshi percaya bahwa akan membutuhkan waktu seumur hidup untuk menguasai manfaat dari kata. Dia memilih kata yang yang terbaik untuk penekanan fisik dan bela diri. Yang mana mempertegas keyakinannya bahwa karate adalah sebuah seni daripada olah raga. Baginya kata adalah karate. Funakoshi meninggal pada tanggal 26 April 1957.

Hingga kini 4 besar aliran karate di Jepang yaitu Shotokan, Gojuryu, Wadoryu dan Shitoryu.

Masukan ini dipos pada Januari 4, 2010 2:03 pm dan disimpan pada Uncategorized . Anda dapat mengikuti semua aliran respons RSS 2.0 dari masukan ini Anda dapat memberikan tanggapan, atau trackback dari situs anda.

Sarana dan Prasarana dalam Olahraga Senam Lantai


Sarana dan Prasarana dalam Olahraga Senam Lantai


Tugas Ini disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah senam

















Disusun Oleh :

MUHAMMAD AANG CHUNAIFI

108 381

SEKOLAH TINGGI KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN

STKIP PGRI JOMBANG


DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR

DAFTAR ISI

BAB I PENDAHULUAN

    1. Latar Belakang 3
    2. Rumusan Masalah 4
    3. Tujuan 4

BAB II PEMBAHASAN

2.1 Pengertian Senam dan Senam Lantai 5

2.2 Sarana danPrasarana Senam Lantai 6

2.3 Gerakan dasar senam lantai 7

2.4 Modifikasi Permainan Senam Lantai 9

BAB III PENUTUP

3.1 Kesimpulan 11

DAFTAR PUSTAKA

BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Letar Belakang

Masyarakat maju yang kaya dan makmur dengan kenyamanan yang di dukung dengan mesin atau alat-alat otomatis, telah mengalami derita yang diakibatkan dengan kemajuan tersabut. Bakyak ancaman yang di hadapi mereka seperti penyakit yang di akibatkan kurang gerak, sebagai sebagian penyakitnya, timbul penyakit egeneratif, seperti penyakit jantung koroner, tekanan darah tinggi, diabetes melitus, dan lainnya.

Gejala kemerosotan kebugaran jasmani di kalannggan anak-anak dan remaja di seluruh dunia sudah merupakan gejala umum. Penyebab utamanya adalah mereka kurang aktifbergeerak karena kurangnyawaktu untuk melaksanakan latihan jasmani. Anak-anak begitu asik bermain permaaaainan di komputer, disertai pola makan yang tidak sehat, seperti menyantap makanan yanng siap hidang dimana susunan menunya tidak seimbang, keadaan ini sudah terjadi di Indonesia.

Dengan demikian masyarakat Indonesia sangat kagum dengan menyaksikan penampilan seorang penari yang badannya lemah gemulai. Mungkin kita juga kagum menyaksikan seorang pesenam yang dapat menekukkan tubuhnya, seperti ular, lentur sekali gerakannya. Apa kesan kita ? Orang itu memiliki fleksibelitasyang sangat bagus. Fleksibelitas dapat di definisikan sebagai kemampuan dari sebuah sendi dan otot, serta tali sendi disekitarnya untuk bergerk denga leluasa dan nyaman dengan ruang gerak maksimal yang di harapkan. Fleksibelitas optimal memungkinkan sekelompok atau satu sendi untuk bergerak elegan efisian.

Senam mempunyai begitu banyak pengaruh bagi indifidu bila datang berolahraga dengan sikap dan respek yang baik. Senam dapat menyenangkan, menggairahkan dan memberi banyak pesona. Banyak keuntungan yang diperoleh dalam senam. Konsentrasi, keteguhan hati, dan keyakianan akan menjadi modal besar yang dapat membanti dalam bersenam. Penngaruh latihan senam terhadap perkembangan fisik, menakjupkan. Mempelajari keterampilan dalam senam akan meningkatkankekuatan yang sangat hebat, kelentukan, koordinasi, sikap dan kesadaran kinnestetik.

1.2 Rumusan Masalah

  1. Apa pengertian senam dan senam lantai ?

  2. Apa saja sarana dan prasarana senam lantai ?

  3. Bagaimana gerakan dasar senam lantai ?

  4. Apa saja modifikasi permainan senam lantai ?

1.3 Tujuan

  1. Mennngggtahui pengertian senam dan senam lantai

  2. Mengetahui apa saja sarana dan prasarana senam lantai
  3. Mengetahui gerkan dasar senam lantai

  4. Mengetahui modifikasi permaianan senam lantai

BAB II

PEMBAHASAN

2.1 Pengertian Senam dan Senam Lantai

Senam adalah istilah atau nama salah satu caabang olahraga. Sebagai cabang olahraga, senam mempunyai dominan atau daerah batas-batasan sendiri, mempunyai ruang lingkupyang tertentu. Senam terlemahan dari kata ”gymnastiek” (bahasa Belanda), ”gymnastics” (bahasa Inggris), ”thymnastiek” asal kata dari ”gymnos” (bahasa Greka).

Gymnos berarti telanjang, gymnastiek pada zaman kuno me,amg dilakukan dengan badan telanjang atau setengah telanjang. Maksutnya agar gerkan dapat dilakukan tnpa gangguan sehingga menjadisempurna. Tempat berlatih senam di zaman yunani Kuno disebut gymnasium.

Untuk mengetahui pengertian senam, kita harus mengetahui ciri-ciri dan kidaaah-kaidahnya antara lain:

  1. Gerakan-gerakannya selalu dibuat atau di ciptakan dengan sengaja.

  2. Gerakan-geerakannya harus selalu berguna untuk menyampai tujuan tertentu (meningkatkan kelenyukan, memperbaiki sikap dan gerak atau keindahan tubuh, menambah keterampilan, menambah keindahan gerak, meningkatkan keindahan tubuh).
  3. Gerakan harus selalu tersusun dan sistimatis’

Berdasar pengertian di atas, batasan senam adalah latihan tubuh yang dipilih dan diciptakan dengan berencana,disusun dengan sistimatis dengan tujuan membentuk dan mengembangkan pribadi secara harmonnnnnis.

Pengertian Senam Latai

Senam lantai pada umumnya disebut floor exercise, tetapi ada juga yang menamakan tumbling. Senam lantai merupakan salah satu rumpun dari senam.

Senam lantai adalah latihan senam yang dilakukan pada matras. Unsur-unsur gerakannya terdiri dari mengguling, melompat, meloncat, berputar di udara,menumpu dengan tangan atau kakiuntuk memperthankan sikap seimbang atau pada saatmeloncaat kedepan atau ke belakang. Bentuk latihannya merupakan gerakan dasardari senam perkakas (alat). Pada dasarnya, bentuk-bentuk katihan bagi putra dan putri adalah sama, hanya unuk putri anyak unsur gerak balet. Jenis senam juga di sebut latihan bebas karena pada waktu melakukan gerakan pesenam tidak mempergunakan suatu peralatan khusus.

2.2 Sarana dan Prasarana Senam Lantai

Sarana dan prasarana olahraga merupakan modal utama dalam penyelenggaraan kegiatan olahraga, melalui peningkatan ketersediaan fasilitas olahraga yang berkualitas baik dan memadai dalam artian harus di sesuaikan dengan standart keutuhan ruang perorangan.

Sarana dan prasarana olahraga adalah daya pendukung yang terdiri dari segala bentuk jenis peralatan dan tempat berbentuk bangunan yang di gunakan dalam memenuhi prasaratan yang di tetapkan untuk pelaksanaan program olahraga.

Fungsi sarana dan prasarana olahraga adalah sebagai pendukung pelaksanan suatu kegiatan terutama dalam pengajaran olahraga. Manfaat sarana dan prasarana olahraga adalah dapat meningkatkan kualitas kesehatan dengan pemakaian alat dan tempat olahraga dengan benar.

Dalam membuat perencanan penyediaan sarana dan prasarana harus memperhatikan 3 faktor penting di antaranya:

  1. Kuantitas prasarana olahraga

Untuk menampung kegiatan perlu dibutuhkan prasarana olahraga yang jumlahnya mencukupi sesuai kebutuhan. Di dalam gegiatan senam lantai di perlukan gedung atau gor olahraga yang luas.

  1. Kualitas sarana olahraga

Guna menampung kegiatan olahraga berprestasi maka di perlukan kualitas yang sesuai dengan syarat dan ketentuan masing-masing cabang olahraga. Dalam cabang olahraga senam lantai diperlukan matras yang luasnya 12 x 12 m dan dikelilingi matras selebar 1 m untuk keamanan pesenam.

    • Memenuhi standart internasional

    • Kualitasbahan dan material harus memenuhi syarat internasional

  1. Pendanaan sarana dan prasarana olahraga

Untuk menujang faktor diatas perlukan dana yang cukup besar sehinggadapat disiapkan prasarana yang mencukupi. Minimnya dana akan menyebabkan kurangnya kemampuan unit kerja terkait untuk mefasilitasi kegiatan olahraga

Peniningkatan keadaan sarana dan presarana dapat dilakukan dengan:

  1. Peningkatan persediaan sarana dan prasarana olahraga yang memadai.
  2. Peningkatan anggaran dana dibidang olahraga dalam kaitannya untuk pengadaan sarana dan prasarana.
  3. Peningkatan minat terhadap kegiatan olahraga

2.3 Gerakan Dasar Senam Lantai

Sebelum mempelajari gerakan dasar diperlukan pembinaan dan pembentukan fisik yang teratur, hal ini perlu karena adanya fisik yang sudah terbentuk akan memudahkan dalam mempelajari gerakan-garakan dasar.

Beberapa contoh gerakan dasar senam lantai :

  1. Roll depan

Yang dimaksud roll depan ialah gerakan badan berguling ke arah depan melalui bagian belakang badan (tengkuk), pinggul, pinggang, dan panggul bagian belakang. Dapat dilakuan dengan cara sebagai berikut :

    1. Sikap permulaan jonngkok, pantat agak tinggi, kedua lengan lurus ke depan.
    2. Luruskan tungkai badan condong kedepan, tangan menumpu pada matras selebar bahu, tarik dagu ke dada, tengkkuk pada matras.
    3. Saat punggung menginai matras, bongkokkan tungkai, tarik paha kke dada, tangan menolak, gerakan engguling di truskan hinnngga berakhir pada sikap jongkok, tangan melekat pada tulang kering atau tangan lurus dengan pandangan lurus ke depan.
  1. teknik kayang

Kayang ialah suatu bentuk sikap badan terlentang yanng membusur, bertupu pada kedua kaki dan kedua tangan siku-siku dan lutut lurus. Dapat dilakuan dengan cara sebagai berikkut :

    1. Sikap berdiri tegak, kedua kaki agak terbuka, kedua tanngan lurus keatas.

    2. Jatuhkan badan bagian belakang dengan melengkungkan badan hingga kedua tangan mendarat ke lantai

  1. Sikap lilin

    1. Posisi tidur telentang.

    2. Ke 2 tangan ditekuk dekat sisi telinga,

    3. Angkat ke 2 kaki (rapat) lurus keatas dengan tangan menopang pinggang.

  1. Meroda

Gerakan meroda merupakan gerakan memutar badan dengan sikap menyamping arah gerakan dan tumpuan bert badan ketika berputar menggunakan kedua tangan dan kaki.

Cara melakukan :

  1. Berdiri dengan sikap tegak dan posisi tangan berada disamping

  2. Lalu perlahan angkat tangan ke atas dengan sikap menyerupai huruf ”V”

  3. Lalu putar kedua tangan kebelakang dengan diikuti kaki kanan/kiri melangkah ke depan lalu diikuti dengan kaki kiri/kanan sebagai hentakannya

  4. Lalu letakkan tangan kanan lalu tangan kiri/tangan kiri lalu tangan kanan pada matras

  5. Pada saat memutar kedua kaki harus lurus agar mendapat posisi yang maksimal

  6. Saat sudah memutar posisi badan menghadap kesamping lalu putar kaki supaya bisa menghadap ke depan dan pandangan matapun harus menghadap ke depan

    1. Profiller

Cara melakukan :

  1. Kaki kanan lurus ke samping kanan dengan ujung kaki kanan lurus

  2. Kaki kiri ditekuk seperti posisi jongkok

  3. Kedua tangan menyentuh matras yang letaknya tepat ditengah-tengah kaki yang ditekuk dan yang diselonjorkan

  4. Putar kaki kanan ke arah dalam hingga melewati kaki kiri yang ditekuk

  5. Pada saat kaki kanan melewati kaki kiri maka angkat badan dengan kedua tangan agar kaki kanan dapat berputar kebelakang melewati kaki kiri lalu kemudian kembali ke posisi awal

2.4 Modifikasi permainan senam lantai

  1. Roll depan berpasangan

    • Pemain : 2-5 pasang. Tedak terbatas
    • Peralatan : Tidak mengunakan peralatan
    • Tempat : Gedung atau tempat bermain
    • Keahlian : Kelenturan dan kelenturan tubuh
    • Permainan : Tujuannyauntuk mengetahui tim yang sampai duluan di finis dengan sukses. Di lakukan secara berpasangan dan orang pertama berdiri dan orang yang kedua berposisi tidur denngan kedua kaki di tekuk, lalu orang pertama memegang mata kaki orang kedua dengan cara membungkuk ban orang kedua pun juga memegang mata kaki orang pertama. Setelah itu dilakukan gulingkan roll depan secara beruritan dan seirama dengan pasangan masing-masing.
    • Sekor : Tim yang sampai duluan menjadi pemenang.

    • Variasi : Gunakan pemindahan dalam bentuk lain.
  2. Roll belakanng berpasanngan

    • Pemain : 2-5 pasang orang. Tedak terbatas
    • Peralatan : Tedak mengunakan peralatan.
    • Tempat : Gedung atau tempat bermain
    • Kahlian : Kelenyukan dan kelenturan tubuh
    • Permainan : Tujuannya untuk mengetahui tim yang sampai dahulu di finis dengan sukses. Masing-masing tim berpasangan. Orang pertama berdiri dan orang kedua tidur terlentang dengan kedua kaki diangkat keatas. Orang pertama memegang mata kakinya orang kedua, lalu orang pertama menarik sekkuat-kuatnya kaki orang yang kedua tersebut agar mendapat dorangan berguling ke belakang. Kemudian lakuan guling kebekakang sampai funis.
    • Sekor : Tim yanng sampai duluan menjadi pemenang.
    • Variasi :Gunakan pemindahan dalam benuk lain.

BAB III

PENUTUP

3.1 Kesimpulan

  1. Senam lantai adalah latihan senam yang dilakukan pada matras. Unsur-unsur gerakannya terdiri dari mengguling, melompat, meloncat, berputar di udara,menumpu dengan tangan atau kakiuntuk memperthankan sikap seimbang atau pada saatmeloncaat kedepan atau ke belakang.
  2. Dalam cabang olahraga senam lantai diperlukan matras yang luasnya 12 x 12 m dan dikelilingi matras selebar 1 m untuk keamanan pesenam.

  3. Beberapa gerakan dasar senam lantai :
    1. Roll depan

    2. Roll belakang

    3. Kayang

    4. Sikap lilin

    5. Meroda

    6. Profeller

4. Modifikasi permaianan senam lantai :

    1. Roll depan berpasangan.

    2. Roll belakang berpasanngan.

DAFTAR PUSTAKA

Rohani, batdri.2004.Harapan Pasti Siswa Berpestasi:CV Hayati

Kosasi, Engkos.1983.Olahraga Teknik dan Program Latihan:CV Akademika Pressindo

PENJASKES / 2010