Selasa, 04 Maret 2014

PROPOSAL

PROPOSAL
PENGAJUAN PENELITIAN PROSES DAN
PROGRAM LATIHAN SEPAK BOLA
DI SSB SATRIA MUDA BADAS

Penelitian ini disusun untuk memenuhi persyaratan Tugas mata kuliah PKL.









DISUSUN OLEH :
MUHAMMAD AANG CHUNAIFI


PRODI PENDIDIKAN JASMANI DAN KESEHATAN
SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
JOMBANG
2013

KATA PENGANTAR

Alhamdulillah , puji syukur penulis ucapkan kepada Allah SWT yang telah memberi berbagai kenikmatan kepada penulis sehingga bisa menyelesaikan.Tugas Mata kuliah tentang, berupa Penelitian program latihan sepak bola di SSB Satria Muda Badas ini, tepat sesuai dengan target.
Permasalahan yang timbul dalam keseharian ketika penulis meneliti, memberikan inspirasi bagi terlaksananya Penelitian program latihan ini.
Dengan segala keterbatasan dan wawasan yang penulis miliki, penulis sangat sadar sekali bahwa penelitian sederhana ini masih banyak kekurangannya, oleh karena itu penulis berharap adanya masukan berupa kritik dan saran yang konstruktif dari berbagai pihak bagi perbaikan penulisan sejenis kedepannya.
Dan kepada semua pihak yang telah membantu terlaksananya penelitian ini penulis ucapkan terimakasih yang sebanyak-banyaknya, terutama kepada keluarga tercinta, dan rekan-rekan SSB Satria Muda yang saya banggakan, yang terus menerus menjadi motivator dan inspirator kebaikan dan kemuliaan. Semoga mereka menjadi hamba-hamba Allah SWT yang istiqamah, dan kepada sahabat-sahabat semoga kebaikan sahabat di balas oleh Allah SWT dengan balasan yang berlipat ganda. Amin.
Terakhir, penulis berharap bahwa penelitian sederhana ini bisa memberi inspirasi kepada semua pihak terutama sahabat juga rekan saya sesama Mahasiswa Penjaskes, para pelatih SSB di kecamatan Sumobito untuk melaksanakan suatu program pelatihan secara baik demi tercapainya suatu prestasi yang membanggakan. Amin.

Sumobito, 18 November 2013
Peneliti


MUHAMMAD AANG CHUNAIFI


I.          Latar Belakang Penelitian
Pembinaan dan pengembangan olahraga merupakan bagian dari upaya peningkatan sumber daya manusia. Di Indonesia pembinaan ini diarahkan pada peningkatan jasmani,rohani, membentuk watak kepribadian,disiplin dan meningkatkan sportifitas tinggi guna meningkatkan prestasi yang dapat membangkitkan rasa kebanggaan nasional.
Sepak Bola merupakan salah satu olahraga yang popular baik di tingkat Internasional maupun nasional, dalam perkembangannya saat ini banyak digemari oleh masyarakat Indonesia baik masyarakat umum maupun kalangan pelajar. Hal ini terbukti dengan makin banyaknya kejuaraan sepak bola yang diadakan di tingkat nasional maupun tingkat Internasional.
Peningkatan prestasi ini penting diupayakan terutama untuk pelajar, karena pelajar merupakan sumber daya yang paling potensial yang diharapkan mampu memberikan kontribusi terhadap pencapaian prestasi dan peningkatan prestasi olahraga di daerahnya sendiri. Untuk meningkatkan prestasi salah satu nya dengan mengatur program latihan yang baik dan teratur agar prestasi dapat ditargetkan  sesuai dengan yang di harapkan.
Program latihan adalah suatu perencanaan latihan dan pertandingan yang di susun sedemikian rupa agar kondisi puncak dapat di capai pada tanggal yang telah ditetapkan sebelumnya. Program latihan juga bisa disebut periodisasi latihan. Periodisasi latihan adalah struktur dari proses latihan berdasarkan prinsip adaptasi puncak,.Periodisasi latihan dibuat agar memudahkan para pelatih dalam menyusun program latihan. Periodisasi dapat diartikan pula sebagai pentahapan, yaitu proses membagi-bagi program latihan tahunan menjadi beberapa tahap latihan yang lebih kecil. Tujuan pembuatan perodisasi latihan untuk memberikan kemudahan dalam menyusun tahapan-tahapan latihan yang lebih kecil ,sehingga program latihan dapat diorganisir secara lebih cermat dan dapat dilaksanakan secara sistematis serta untuk menjamin pemuncakan prestasi yang tepat sesuai dengan waktu yang telah di tetapkan. Program latihan disusun dengan prinsip contineuitas, prinsip overload, sparing partner, prinsip unloading.
Yang dimaksud dengaan kondisi fisik adalah suatu sasaran yang ingin di capai melalui perencanaan atau program latihan. Tercapainya kondisi puncak karena sesuai /tepat  pengaturan jadwal ,intensitas,dan istirahat dalam membuat program latihan.
Program latihan 1 tahun dibagi menjadi 3 periode yaitu:
  • Periode Persiapan
  • Periode Pertandingan
  • Periode Peraliahan
Keinginan peneliti untuk melakukan observasi yakni sebagai tugas mata kuliah pendidikan kepelatihan dan sebagai pembelajaran juga wawasan tambahan bagaimana ruang lingkup sebuah kepelatihan tersebut, dan sebagai evaluasi ataupun acuan bagi seorang pelatih untuk merancang suatu programnya lebih baik lagi. Yang nantinya bisa menghasilkan suatu prestasi yang membanggakan bagi seorang atletnya.
II.          Identifikasi Masalah
Berdasarkan latar belakang penelitian tersebut, maka penulis merumuskan masalah sebagai berikut:
  1. Bagaimana proses pelaksanaan latihan sepak bola di SSB Satria Muda Badas.
  2. Bagaimana Implikasi sistem program latihan yang direncanakan oleh seorang pelatih sepak bola di SSB Satria Muda Badas.
  3. Program latihan apa sajakah yang di rencanakan selama kegiatan pelatihan sepak bola di SSB Satria Muda Badas.

III.          Tujuan Penelitian
       Adapun tujuan dari kegiatan penelitian ini adalah:
1.      Mengetahui bagaimana proses pelaksanaan latihan sepak bola di SSB Satria Muda Badas.
2.      Mengetahui bagaimana Implikasi sistem program latihan yang direncanakan oleh seorang pelatih sepak bola di SSB Satria Muda Badas.
3.      Mengetahui Program latihan apa sajakah yang di rencanakan selama kegiatan pelaatihan sepak bola di SSB Satria Muda Badas.

IV.          Kerangka Pemikiran
  1. MANFAAT PENELITIAN
Berdasarkan tujuan penelitian sebagaimana yang telah dijelaskan di atas, maka hasil penelitian tindakan kelas ini diharapkan dapat bermanfaat bagi :
1.      Manfaat Bagi Peneliti :
a.       Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai acuan untuk proses pelatihan yang akan dilaksanakan, dan
b.      Sebagai tolak ukur dalam pelajaran pelatihan khusunya olahraga sepak bola.
2.      Manfaat Bagi Pelatih :
a.       Meningkatkan kreatifitas.
b.      Menciptakan seorang pelatih yang professional.
c.       Meningkatkan program latihan yang bermutu.
3.      Manfaat Bagi Pemain :
a.       Meningkatkan aktivitas latihan khususnya pemain dalam mengikuti latihan sepak bola di SSB Satria Muda Badas tersebut.
b.      Pemain mampu menguasai apa yang di sampaikan dalam suatu latihan.
c.       Meningkatan hasil prestasi pemain.
4.      Manfaat bagi SSB :
a.       Untuk kemajuan suatu SSB khususnya dalam bidang persepakbolaan dikabupaten Jombang
b.      Untuk Meningkatkan suatu prestasi khususnya SSB tersebut.
c.       Untuk meningkatkan mutu kualitas dan kuantitas SSB khususnya dalam bidang persepakbolaan.

V.          Metode dan Jenis Penelitian
  1. Observasi
Teknik pencarian data dengan cara melakukan pengamatan langsung ke SSB Satria Muda Badas, yang bertujuan agar bisa mendapatkan hasil yang akurat serta dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya.
  1. Wawancara
Teknik pencarian data dengan cara melakukan wawancara langsung kepada pihak terkait tentang perencanaan suatu program latihan  dalam pelaksanaan pelatihan sepak bola di SSB Satria Muda Badas.

VI.          Data yang diperlukan
Dalam kegiatan penelitian ini, peneliti membutuhkan beberapa hal sebagai berikut:
A.  Proses Wawancara:
1.      Seperti apa program latihan sepak bola yang diajarkan di SSB Satria Muda Badas
2.      Bagaimana proses pelaksanaan program latihan sepak bola di SSB Satria Muda Badas
3.      Sejauh mana hasil prestasi yang pernah diraih.

B.  Data dan Dokumentasi
1.      Data pemain yang mengikuti latihan di SSB Satria Muda Badas.
2.      Laporan Kehadiran pemain di SSB Satria Muda Badas
3.      Program latihan
4.      Jenis latihan
5.      Teknik latihan

VII.          Waktu Pelaksanaan
Sehubungan pembatasan waktu penelitian di tempat sekolahan, yang akan digunakan dalam penyusunan tugas perkuliahan PKL yang rencananya akan dilaksanankan di SSB Satria Muda Badas Sumobito Jombang, maka sangat diharapkan bahwa peneliti diberikan waktu selama bulan November 2013. Adapun waktu pelaksanaan yang diharapkan peneliti adalah hari Senin, Rabu dan Sabtu dimana hari tersebut adalah hari pengadaan latihan pada jam yang sudah disesuaikan dari pihak pelatih sepak bola SSB Satria Muda Badas.
                                                                               


                                                                                Jombang, 18 November 2013
              Dosen Mata kuliah                                                    Peneliti




(                                                         )              MUHAMMAD AANG CHUNAIFI

PERNYATAAN PERISET UTAMA


Yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama                           : MUHAMMAD AANG CHUNAIFI
Tempat/tanggal lahir   : JOMBANG, 13 DESEMBER 2013
NIM                            : 108 381
Jurusan/Angkatan       : Penjaskes/ 2010A
Fakultas                       : STKIP PGRI JOMBANG

dengan ini menyatakan bahwa benar saya mengajukan Proposal Riset di di SSB Satria Muda Badas untuk meneliti bagaimana proses, amplikasi program pada pelatihan sepak bola dan proposal tersebut di atas belum pernah dibiayai dan tidak sedang diajukan untuk dibiayai oleh instansi lain. Saya bersedia menjadi periset utama dan meluangkan waktu selama 1(satu) Bulan dalam riset yang saya usulkan dengan penelitian tersebut di atas.

Demikianlah pernyataan ini dibuat dalam keadaan sadar dan tanpa ada unsur paksaan dari siapapun.

                                                                            Dibuat di: Sumobito
                                                                            Pada tanggal: 18 November 2013
                                                                                Yang Membuat Pernyataan



                                                                         MUHAMMAD AANG CHUNAIFI
                                                                            NIM : 108 381
PERNYATAAN
KETERANGAN SEBAGAI MAHASISWA


Yang bertanda tangan di bawah ini menyatakan bahwa:
Nama                                       : MUHAMMAD AANG CHUNAIFI
Tempat/Tanggal Lahir : JOMBANG, 13 DESEMBER 1990
NIM                                        : 108 381
Jurusan/ Angkatan                  : PENJASKES/ 2010A
Fakultas                                   : STKIP PGRI JOMBANG

adalah benar sebagai mahasiswa aktif semester 7 (tujuh)
Demikianlah pernyataan ini dibuat dengan sebenar-benarnya untuk pengajuan Penelitian pelaksanaan proses, aplikasi latihan pada pelatihan di SSB Satria Muda Badas sumobito jombang tahun 2013.


                                                                              Dibuat di: Jombang
Pada tanggal: 18 November 2013
              Dosen Mata kuliah                                  Yang Membuat Pernyataan




(                                                         )            MUHAMMAD AANG CHUNAIFI
                                                                                          NIM : 108 381

SURAT PERMOHONAN IJIN PENELITIAN
                                                                         Kepada
                                                                         Yth. Kepala SSB Satria Muda Badas
                                                                         di-
                                                                        Tempat.
Dengan hormat,
Yang bertanda tangan di bawah ini :
          Nama                             : MUHAMMAD AANG CHUNAIFI
          NIM                              : 108 381
          Jurusan                          : Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
          Semester                        : 7 ( tujuh )
          Menyatakan bahwa kami telah menghubungi secara lisan pada pihak SSB Satria Muda Badas,  untuk mengadakan Penelitian dan telah di setujui oleh pihak yang bersangkutan dan sanggup mengadakan Penelitian selama 1 (satu) bulan.
Demikian surat permohonan ini saya ajukan dan atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih.
                                                                            Jombang, 18 November 2013
 Dosen Mata Kuliah                                                     Pemohon


(                                              )                         MUHAMMAD AANG CHUNAIFI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar