Rabu, 19 Oktober 2011

Pelanggaran Traveling Pemain Perimeter

Pelanggaran Traveling Pemain Perimeter


Tugas Ini disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah basket

















Disusun Oleh :

MUHAMMAD AANG CHUNAIFI

108 381

SEKOLAH TINGGI KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN

STKIP PGRI JOMBANG

PENJASKES / 2010


Dalam bola basket, traveling merupakan pelanggaran peraturan yang terjadi ketika pemain yang sedang menguasai bola menggerakkan salah satu atau kedua kakinya secara ilegal. Berikut ini beberapa contoh pelanggaran traveling yang sering dilakukan oleh pemain perimeter:

Pemain menyeret kakinya saat memulai dribble

Video di atas merupakan contoh pelanggaran traveling yang terjadi karena pemain mengangkat kaki pivot-nya. Seorang pemain offensive yang menerima bola dan telah menentukan kaki pivot-nya boleh menggerakkan kaki lainnya berkali-kali sebelum mengangkat kaki pivot-nya. Akan tetapi, sebelum pemain tersebut mengangkat kaki pivot-nya, bola harus dilepaskan dari tangannya untuk memulai dribble. Pada video di atas, pemain offensive mengangkat dan menyeret kaki kirinya (yang merupakan kaki pivot) sebelum melepaskan bola untuk melakukan dribble.

Pemain menggerakkan kedua kakinya saat memulai dribble

Video di atas merupakan contoh pelanggaran traveling karena pemain mengangkat kedua kakinya. Seorang pemain yang mendarat dengan menggunakan kedua kakinya secara bersamaan (jump stop), boleh menggunakan salah satu kaki sebagai kaki pivot-nya. Akan tetapi, jika kemudian pemain tersebut mengangkat kedua kakinya, pemain tersebut harus melepaskan bola untuk melakukan dribble sebelum salah satu kaki menyentuh lantai. Pada video di atas, pemain offensive mendarat menggunakan kedua kakinya, dan kemudian mengangkat kedua kakinya dan akhirnya kembali ke lantai tanpa melepaskan bola.

Pemain mengangkat kaki pivot-nya sebelum melepaskan bola

Video di atas merupakan contoh pelanggaran traveling yang terjadi karena pemain mengangkat kaki pivot-nya. Seorang pemain offensive yang menerima bola dan menentukan salah satu kaki sebagai kaki pivot boleh menggerakkan kaki lainnya berkali-kali sebelum mengangkat kaki pivot-nya. Akan tetapi, sebelum pemain tersebut mengangkat kaki pivot-nya, bola harus dilepaskan dari tangannya untuk memulai dribble. Pada video di atas, pemain offensive yang menerima bola menentukan kaki kirinya sebagai kaki pivot. Pemain tersebut secara legal menggerakkan kaki kanannya beberapa kali, tetapi kemudian mengangkat kaki kirinya sebelum melepaskan bola untuk melakukan dribble.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar