Rabu, 19 Oktober 2011

Screen dan Screen Play (Bagian I)

Screen dan Screen Play (Bagian I)


Tugas Ini disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah basket

















Disusun Oleh :

MUHAMMAD AANG CHUNAIFI

108 381

SEKOLAH TINGGI KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN

STKIP PGRI JOMBANG

PENJASKES / 2010

Screen, disebut juga dengan pick, merupakan bagian penting dari semua jenis offense, hal ini dikarenakan defender tidak mungkin menjaga semua pilihan-pilihan yang dimiliki oleh offender ketika screen play dilakukan dengan benar. Setiap pelatih harus mengajarkan dan melatih semua pemain tentang bagaimana melakukan screen dan bagaimana menggunakannya sesuai dengan reaksi dari defender. Prinsip screen mudah dipahami, tetapi, belajar mengeksekusi screen play dengan bermacam-macam variasi di lokasi yang berbeda-beda serta melawan defender yang pintar akan memerlukan latihan ekstra.

1. Membaca Defense

Permainan bola basket sangat mengalir, dengan aksi yang sangat cepat, jenis defense yang dilakukan, dan variabel-variabel lain yang selalu berubah. Oleh karena itu, offender harus selalu mengamati situasi dan menerapkan taktik yang sesuai. Salah satu contoh kasusnya adalah ketika menentukan penggunaan screen, berdasarkan kemampuan defender dan posisi di lapangan. Kemampuan membaca defense dan melakukan eksekusi yang sesuai akan meningkatkan kesuksesan mencetak angka.

  • Pemain yang Memperoleh Screen

Pemain yang akan memperoleh screen harus bisa membuat defender-nya terkena screen dan melakukan manuver offensive sesuai dengan response dari defender. Berikut adalah beberapa pilihan penggunaa screen.

Curl, jika defender terus mengikuti, pemain yang memperoleh screen harus bergerak memutar, atau curl, mengitari screener dan melakukan cut mengarah ke ring basket untuk menerima bola. Pastikan untuk melakukan curl sedekat mungkin dengan screener supaya tidak memberikan kesempatan pada defender untuk menghindari screen.

Gambar 1 Jika defender mengikuti, pemain yang memperoleh screen melakukan curl mengitari screener

Curl and Slip, jika pemain yang memperoleh screen melakukan curl dan dan defendernya mengikutinya, serta screener melihat bahwa defendernya meninggalkannya untuk melakukan help, maka screener melakukan slip ke ring basket untuk menerima bola.

Gambar 2 Jika defender screener melakukan help, screener harus melakukan slip ke ring basket

Bump and Pop, jika ketika melakukan curl, pemain yang memperoleh screen melihat defendernya bergerak ke atas, maka screener harus melakukan drop step untuk menghalangi defender tersebut, dan pemain yang memperoleh screen melakukan bump, yaitu gerakan menjauhi screener dengan cara sedikit mendorong pinggul atau punggung screener dengan menggunakan tangannya kemudian melangkah atau hop step menjauh (pop). Dengan begitu, pemain yang memperoleh screen dapat menghindari defendernya.

Gambar 3 Jika defender bergerak ke atas, pemain yang memperoleh screen melakukan bump and pop

Bump and Slip, jika defender sceener bergerak keluar untuk bergantian menjaga pemain yang memperoleh screen, maka screener secepatnya bergerak ke ring basket (slip) untuk untuk menerima bola dari pemain yang memperoleh screen.

Gambar 4 Jika defender screener keluar menjaga pemain yang memperoleh screen, maka screener melakukan slip ke ring basket

  • Screener

Pada semua jenis screen, screener harus memberikan opsi passing pada pemegang bola, bisa dilakukan dengan gerakan roll ke ring basket, atau pop keluar. Oleh karena itu, screener harus mengamati reaksi dari pemain yang memperoleh screen dan kedua defender, kemudian melakukan gerakan yang sesuai. Bagian ini akan dibahas kemudian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar