Rabu, 19 Oktober 2011

Fundamental Ball Handling

Fundamental Ball Handling

Belajar menjadi seorang ball handler yang bagus sangat penting dilakukan untuk menjadi seorang pemain basket yang hebat. Semua skill yang paling sulit dilakukan, termasuk shooting, passing, catching, dribbling, dan rebounding, selalu melibatkan ball handling. Oleh karena itu, selalu lakukan latihan ball handling setiap hari. Berikut adalah dasar-dasar melakukan ball handling yang benar:

  • Pegang bola dengan ujung jari. Telapak tangan seharusnya tidak menyentuh bola.
  • Pastikan jari-jari tangan saling terpisah.
  • Pegang bola sesering mungkin saat di rumah, misalnya, ketika menonton TV atau mendengarkan musik. Ada cerita yang mengatakan bahwa Pete Maravich tidur dengan bola basket dan memegangnya selama dia tidur.

Berikut adalah drill-drill yang bisa diterapkan saat latihan:

Syaratnya, setiap pemain harus memegang bola sendiri-sendiri, minimal satu. Jika tidak tersedia cukup bola basket, bisa diganti menggunakan bola yang lain, misalnya bola voli atau bola tenis. Setiap drill dilakukan setiap 30 sampai 60 detik dan kemudian dilanjutkan dengan drill selanjutnya. Ketika melakukan drill ini usahakan pandangan mata tetap ke depan, tanpa melihat bola.

Slaps

Tepuk bola dengan keras dari satu tangan ke tangan yang lain. Lihat di sini.

Tipping

Tip bola menggunakan ujung jari dari satu tangan ke tangan yang lain, mulai dari tangan lurus dengan kepala. Kemudian perlahan-lahan turunkan bola sambil terus melakukan tip. Turun sampai dada, dilanjutkan sampai pinggang, lutut, dan pergelangan kaki, kemudian kembali ke atas lagi. Usahakan siku tetap lurus. Lihat di sini.

Circles

Rapatkan kedua kaki dan buat lingkaran yang mengitari kedua kaki. Kemudian buat lingkaran yang mengitari pinggang. Selanjutnya buat lingkaran yang mengitari kepala. Kombinasikan tiga lingkaran tersebut untuk membuat lingkaran yang pertama kali mengitari kepala, kemudian pinggang, sampai lutut. Selanjutnya kembali lagi ke atas. Pastikan untuk menggunakan ujung jari, bukan telapak tangan. Lihat di sini, di sini, dan di sini.

Around the Leg dan Figure Eights

Letakkan salah satu kaki berada lebih ke depan dan gerakkan bola mengitari kaki tersebut. Lakukan pada kaki kiri dan kanan. Selanjutnya, rentangkan kedua kaki dengan lebar dan sejajar. Gerakkan bola mengitari kedua kaki tersebut sehingga menyerupai angka delapan. Pandangan mata harus tetap ke depan dan jangan biarkan bola jatuh ke lantai. Setelah 30 detik, lakukan pada arah yang sebaliknya. Lihat di sini dan di sini.

Drops

Letakkan bola di antara kedua kaki kemudian raih dengan menggunakan kedua tangan. Mulai dengan tangan kiri berada di belakang kaki kiri dan tangan kanan di depan kaki kanan. Jatuhkan bola dan biarkan memantuk sekali saja. Dengan cepat, gerakkan tangan kiri ke depan kaki kiri, dan tangan kanan ke belakang kaki kanan, dan tangkap bola ketika sedang memantul ke atas. Jatuhkan kembali dan ubah posisi tangan seperti semula, dan tangkap bolanya. Ulangi gerakan ini terus menerus. Untuk variasi yang lebih sulit, coba tangkap bola sebelum memantul ke lantai. Lihat di sini.

Toss Up dan Catch Behind

Drill yang menyenangkan dan sangat disukai pemain. Lempar bola ke atas melewati kepala. Lakukan reverse pivot dan tangkap bola di belakang punggung. Lihat di sini.

Crab Walk

Tekuk kedua lutut, berjalan sambil melewatkan bola di antara kedua kaki, bisa dilakukan dengan jalan ke depan maupun ke belakang. Lihat di sini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar