Rabu, 19 Oktober 2011

The Right Attitude pada basket

The Right Attitude pada basket

Tugas Ini disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah basket

















Disusun Oleh :

MUHAMMAD AANG CHUNAIFI

108 381

SEKOLAH TINGGI KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN

STKIP PGRI JOMBANG

PENJASKES / 2010
Salah satu aspek penting dalam bermain bola basket adalah membangun attitude atau sikap para pemain. Untuk menjadi juara, kita harus memahami pentingnya tim kita. "United we stand, divide we fall!". Kita harus bersatu, bekerja sama pada setiap offense dengan passing yang baik pada setiap teman yang lebih terbuka. Tapi jangan takut untuk melakukan shooting! Jika kamu mempunyai kesempatan terbuka, lakukan shooting. Bagian dari tim yang baik adalah melakukan shooting dengan baik dan mencetak angka! Jika shooting kamu meleset, lupakanlah...mungkin shooting kamu selanjutnya bisa menghasilkan poin.

Ingat: tidak ada yang sempurna! Michael Jordan pun tidak pernah mempunyai pertandingan yang sempurna...dia selalu gagal memasukkan beberapa shooting. Jadi, jangan menyerah jika juga gagal memasukkan bola. Tetap bermain dengan penuh semangat dan semua akan membuahkan hasil. Tidak ada di antara kita yang sempurna...meskipun para pelatih! Wasit-wasit pun juga tidak pernah sempurna. Bola basket bukan permainan yang sempurna. Ingat, "a good garden may have some weeds".

Menjadi bagian dari tim yang baik berarti melakukan defense dengan sungguh-sungguh. Selalu bekerja keras menangkap bola rebound atau loose ball. Belajar bagaimana melakukan box-out. Belajar bagaimana melakukan pick (screen) ketika offense, sehingga dapat memberikan temanmu kesempatan terbuka untuk melakukan shooting. Menjadi bagian dari tim yang baik berarti mampu menyemangati tim, baik di dalam lapangan maupun di bangku cadangan. Bersama kita bisa menang! Untuk menjadi juara, kamu harus membangun chemistry dalam tim, atau semangat...saling percaya dan menghormati, yang harus dimulai dari sekarang dan terus menjaganya. Banyak tim yang bertalenta tapi tidak mampu menunjukkan permainan terbaiknya karena mereka tidak mempunyai semangat atau chemistry. Banyak tim yang kurang bertalenta mencapai prestasi yang tak terduga karena kerja kerasnya, keinginan, dan semangat tim.

Attitude yang baik berarti menghormati teman maupun lawan main kamu. Lawan kamu juga berusaha menampilkan kemampuan terbaiknya, seperti kamu. Jangan pernah pamer atau berkata kotor pada lawan, dan jangan melakukan selebrasi yang berlebihan. Ketika kamu melakukan selebrasi yang berlebihan, serasa membuat mencetak angka menjadi sesuatu yang sangat heboh, dan kadang-kadang menjadi hal yang tidak kamu perkirakan. Sebaliknya, ketika bersikap cool, akan membuat mencetak angka menjadi bukan sesuatu yang heboh, seperti kamu bisa melakukannya setiap saat.

Tidak pernah bermain "kotor"...hal itu sangat tidak bermanfaat! Dengan melakukannya, kamu hanya akan menurunkan harga diri. Bekerja keras, dengan antusias, bermain untuk menang, tetapi tetap menunjukkan permainan yang berkelas. Jangan berdebat dengan wasit...mereka juga manusia dan tidak selalu membuat keputusan yang benar, tetapi, itulah hidup...tidak selalu adil. Orang-orang akan mengingatmu atas bagaimana kamu bersikap di dalam lapangan.

Ketika kamu sedang berada di dalam lapangan, bermainlah sebaik mungkin untuk memenangkan pertandingan, tetapi ketika pertandingan telah usai, it's over! Lupakanlah, ini semua hanyalah permainan bola basket! Ketika kamu kalah, ingat bahwa kamu dapat belajar dari setiap kekalahan. Kamu tidak perlu memenangkan trofi untuk menjadi seorang pemenang!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar